HBI di Beijing jadi ajang perpisahan Atase Imigrasi

id Imigrasi Beijing,visa warga China,atase imigrasi,HUT Imigrasi,Hari Bakti Imigrasi

HBI di Beijing jadi ajang perpisahan Atase Imigrasi

Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun (kiri) menyalami Atase Imigrasi Kedutaan Besar RI di Beijing Tato J Hidayawan dalam peringatan Hari Bakti ke-71 Imigrasi di KBRI di Beijing, Selasa (26/1/2021). ANTARA /M. Irfan Ilmie

Beijing (ANTARA) - Peringatan Hari Bakti Imigrasi (HBI) di Kedutaan Besar RI di Beijing, China, Selasa, digelar secara sederhana sekaligus menjadi ajang perpisahan bagi Atase Imigrasi Tato J Hidayawan.

Puncak peringatan HBI ke-71 itu diawali dengan upacara secara virtual yang dipimpin oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Dilanjutkan dengan acara syukuran di aula serba guna KBRI Beijing yang dipimpin oleh Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Djauhari Oratmangun.

"Acara Hari Bakti Imigrasi tahun ini memberikan kesan yang sangat mendalam karena sekaligus perpisahan Atase Imigrasi," kata Dubes saat menyampaikan sambutan singkatnya.

Tato selanjutnya akan menempati jabatan barunya sebagai Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan Sumatera Utara.

Selama 3,5 tahun menjabat Atase Imigrasi KBRI Beijing, Tato membuat beberapa gebrakan, di antaranya pengurusan visa secara daring bagi warga negara China atau warga negara asing lainnya yang tinggal di China.

Mantan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Blitar itu juga aktif mengirimkan personelnya ke beberapa daerah di China untuk melayani pembuatan paspor bagi warga negara Indonesia.

Sepanjang 2020, Atase Imigrasi KBRI Beijing mengeluarkan 14.859 visa, 234 paspor, 21 surat perjalanan laksana paspor (SPLP), 15 surat affidavit, dan 10 kali melayani pembuatan paspor untuk para WNI di luar Kota Beijing.

Meskipun sederhana, peringatan HBI berlangsung meriah, apalagi sehari sebelumnya, diadakan senam bersama di aula tersebut yang diikuti oleh Dubes, jajaran pejabat dan staf KBRI Beijing beserta keluarga, yang diakhiri dengan santap bersama dengan menu khas Nusantara, seperti bubur ayam, nasi kuning, lodeh, pecel, perkedel, dan lain-lain. ***2***(T.M038)

Baca juga: Imigrasi KBRI Beijing menjangkau China tengah
Baca juga: Imigrasi Beijing fasilitasi laporan kekonsuleran secara daring

 

Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor: Suharto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar