Dengan inovasi ini para Bhabinkamtibmas lebih mudah turun ke kelurahan- kelurahan
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Sektor Metro Tanah Abang merencanakan untuk menyebarkan motor 3M untuk terus mengingatkan masyarakat menjalankan protokol kesehatan sebagai upaya menekan penularan COVID-19 di DKI Jakarta.

"Ini motor 3M bukan motor Rp3 miliar ya tapi  Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak. Jadi dengan motor ini, kami bersama- sama tiga pilar bisa berputar di keramaian yang penuh dengan warga mengingatkan terus protokol kesehatan," kata Kapolsek Metro Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan di Pasar Palmerah saat mengecek protokol kesehatan menggunakan motor 3M, Selasa.

Baca juga: DKI Jakarta awali program vaksinasi COVID-19 perdana bagi nakes lansia

Ide ini berawal dari seorang petugas Bhabinkamtibmas kelurahan Gelora bernama Aiptu Teguh Yuliyanto yang memodifikasi kendaraan dinasnya dan menyediakan handsanitizer, tisu, hingga masker gratis di bagian belakang motornya saat bertugas mengingatkan 3M ke masyarakat.

Meski saat ini baru tersedia di kelurahan Gelora, nantinya Motor 3M itu akan diterapkan juga di enam kelurahan lainnya yang tersebar di Tanah Abang.

"Dengan inovasi ini para Bhabinkamtibmas lebih mudah terjun ke pusat-pusat kegiatan masyarakat di setiap  kelurahan dan nanti di situ memberikan imbauan, memberikan masker, sampai bisa mencuci tangan dengan fasilitas itu," kata Singgih.

Baca juga: Pengungsi banjir terpapar COVID-19 disiapkan tenda khusus

Berdasarkan pantauan ANTARA, Motor 3M yang didesain khusus oleh Aiptu Teguh itu cukup diminati masyarakat.

Teguh dengan pengeras suaranya mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menjaga jarak, memakai masker, hingga mencuci tangan.

Ia pun mengumumkan dirinya menyiapkan cairan pencuci tangan hingga masker gratis bagi warga yang membutuhkan.

Baca juga: Jakarta Barat tegaskan vaksin COVID-19 belum untuk umum

Tak butuh waktu lama, pedagang dan pembeli di Pasar Palmerah pun dengan rapih dan menjaga jarak berbaris untuk mencuci tangan dan mendapatkan masker gratis usai mendengarkan pemberitahuan yang diberikan oleh Teguh.

Mengetahui idenya akan diterapkan di kelurahan lainnya, Teguh pun menyambut baik usulan itu dan berharap agar masyarakat lebih peka dan menjaga tetap protokol kesehatan sehingga Tanah Abang dapat menjadi zona hijau COVID-19.

"Harapannya dengan inovasi Motor 3M ini masyarakat bisa terus ingat, menjalankan protokol kesehatan agar tidak ada lagi kasus COVID-19 di Tanah Abang," ujar Teguh.

#satgascovid19
#ingatpesanibupakaimasker
#vaksincovid19

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021