Jakarta (ANTARA) - Hari Raya Imlek yang jatuh pada 12 Februari 2020 menjadi liburan panjang akhir pekan, momen yang biasanya dimanfaatkan untuk liburan singkat.

Di saat pandemi seperti saat ini, sebagian masyarakat lebih memilih melepaskan penat dengan cara yang aman, yaitu staycation.

Tidak heran, menikmati liburan dengan mode staycation pun belakangan semakin populer. Jika ingin mencoba staycation, enam kiat di bawah ini dapat membantu untuk memastikan agar Anda tetap aman, terlindungi dan pas di kantong, dikutip dari siaran resmi PegiPegi.

Baca juga: Sambut 2021, menginap di dekat rumah jadi pilihan

Baca juga: Pandemi tak surutkan niat staycation sambut tahun baru di hotel


Cek biaya yang akan dikeluarkan

Di masa yang menantang ini Anda perlu lebih bijaksana dalam mengeluarkan uang agar tidak terlalu boros sehingga tetap dapat menikmati staycation tanpa kantong bolong. Pastikan keuangan seperti tabungan dan dana cadangan aman, minimal hingga 3 bulan ke depan. Jangan sampai memaksakan pengeluaran yang besar di masa seperti sekarang. Carilah hotel yang sesuai dengan kemampuan Anda. Banyak hotel budget yang memiliki fasilitas kece yang tidak kalah dengan hotel berbintang lainnya.

Sesuaikan dengan tipe traveling

Cek kembali apakah Anda akan menikmati staycation seorang diri, bersama pasangan, teman, atau keluarga. Hal ini penting untuk memilih hotel yang ingin dipesan.
Sebagai contoh, hotel dengan fasilitas anak akan lebih tepat ketika berlibur bersama keluarga yang masih memiliki anak kecil. Namun, jika ingin staycation bersama pasangan maka akan lebih tepat mencari hotel yang memiliki suasana romantis.

Baca juga: Pandemi tak surutkan niat staycation sambut tahun baru di hotel

Baca juga: Menparekraf Sandi sarankan warga "staycation" rayakan Tahun Baru 2021


Cek protokol kesehatan

Poin ini menjadi yang paling penting. Di masa new normal seperti saat ini, kebersihan dan keamanan menjadi faktor utama ketika kita beraktivitas di luar.
Pastikan hotel pilihan Anda sudah menerapkan protokol kesehatan agar liburan terjamin aman.

Riset lokasi dan fasilitas hotel

Melakukan riset tentang lokasi dan fasilitas hotel dapat membuat pengalaman menginap semakin maksimal. Dengan begitu, Anda bisa tahu aktivitas seru apa yang bisa dilakukan di hotel nantinya. Riset ini dapat dilakukan dengan mudah, seperti mengecek akun media sosial hotel. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan inspirasi aktivitas apa saja yang akan dilakukan di sana.

Ambil cuti tambahan hari kerja berikutnya

Jika Anda ingin lebih menikmati waktu bersama keluarga dan suasana liburan yang lebih khidmat, coba bisa ambil cuti tambahan satuhari atau beberapa hari di hari Senin dan selanjutnya.

Manfaatkan promo

Setelah semua dilakukan, hal penting selanjutnya adalah memanfaatkan diskon yang ada. Anda bisa mendapatkan harga promo dengan mengecek situs pemesanan hotel secara berkala.

Baca juga: OYO Indonesia prioritaskan "Safecation" pada tahun 2021

Baca juga: Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Baca juga: Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021