Dinkes Kota Malang catat 7.539 nakes terima dosis kedua vaksin Sinovac

id Vaksinasi COVID-19,Vaksin Sinovac,Kota Malang,Nakes Kota Malang,Vaksinasi Nakes

Dinkes Kota Malang catat 7.539 nakes terima dosis kedua vaksin Sinovac

Dokumentasi - Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Sri Winarni. (ANTARA/HO-Humas Pemkot Malang/VFT)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Malang menyatakan hingga saat ini sudah sebanyak 7.539 tenaga kesehatan di Kota Malang, Jawa Timur yang telah menerima dosis kedua vaksin Sinovac.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Sri Winarni mengatakan bahwa pelaksanaan pemberian vaksinasi dosis kedua kepada para tenaga kesehatan di Kota Malang tersebut saat ini masih berjalan.

"Untuk pemberian dosis kedua masih dalam proses, hingga 21 Februari 2021, ada sebanyak 7.539 tenaga kesehatan yang telah divaksin," kata Sri, di Kota Malang, Jawa Timur, Senin.

Sri menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi untuk tahap pertama kepada para tenaga kesehatan di Kota Malang yang sesungguhnya ditargetkan rampung pada 21 Februari 2021 berjalan tanpa ada kendala yang berarti.

Namun, lanjut Sri, dikarenakan pemberian vaksin Sinovac dosis kedua minimal 14 hari usai dosis pertama, maka penyelesaian vaksinasi tahap pertama yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan Kota Malang tersebut sedikit mengalami kemunduran dari jadwal.

"Tidak ada kendala, namun karena menyesuaikan jadwal vaksinasi dosis kedua, minimal 14 hari setelah menerima dosis pertama," kata Sri.

Sri menambahkan, untuk pelaksanaan vaksinasi tahap kedua yang diprioritaskan terhadap petugas pelayanan publik di Kota Malang, Jawa Timur, termasuk TNI, dan Polri, saat ini Dinas Kesehatan Kota Malang masih menunggu alokasi vaksin dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Ada alokasi untuk kabupaten kota, nanti jika sudah ada data dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur akan disampaikan berapa jumlah vaksin yang didapat Kota Malang," kata Sri.

Baca juga: Malang lakukan pembaruan data nakes untuk vaksinasi

Baca juga: Dinas Kesehatan Jatim ajukan tambahan 104 ribu vaksin COVID-19

Tercatat, untuk vaksinasi dosis pertama vaksin Sinovac tersebut, telah diterima oleh sebanyak 12.160 tenaga kesehatan yang ada di wilayah Kota Malang. Sejauh ini, Kota Malang telah mendapatkan vaksin buatan perusahaan asal China itu sebanyak 24.320 vial.

Di Kota Malang ada sebanyak 12.520 tenaga kesehatan yang menjadi prioritas pertama penerima vaksin Sinovac. Dengan jumlah tenaga kesehatan sebanyak itu, maka dibutuhkan 25.040 vial vaksin, untuk dua kali penyuntikan.

Kota Malang memulai pelaksanaan vaksinasi COVID-19 secara serentak pada 28 Januari 2021. Pada pelaksanaan perdana, ada 11 tokoh yang mendapatkan vaksin Sinovac. Tokoh-tokoh tersebut diantaranya berasal dari pemuka agama, tenaga kesehatan, dan pengusaha muda.

Sementara untuk pemberian dosis kedua vaksin Sinovac kepada para tenaga kesehatan yang ada di Kota Malang, mulai dilakukan pada 11 Februari 2021.

Di Kota Malang, hingga saat ini tercatat secara keseluruhan ada sebanyak 5.967 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 5.317 orang dilaporkan telah sembuh, 528 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

Baca juga: 8.150 tenaga kesehatan di Kota Malang telah jalani vaksinasi COVID-19

Baca juga: Dinkes Malang targetkan vaksinasi nakes rampung awal Februari 2021


Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar