FTUI buka program studi baru untuk jenjang sarjana paralel

id ui,ftui,ui depok

FTUI buka program studi baru untuk jenjang sarjana paralel

Kerja Praktek Mahasiswa Prodi Teknik Perkapalan di Galangan Kapal (ANTARA/Humas UI)

Depok (ANTARA) - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menambah tiga program studi (prodi) untuk jenjang pendidikan Sarjana Paralel, yaitu Prodi Teknik Perkapalan, Teknik Komputer, dan Arsitektur Interior, sehingga untuk penerimaan mahasiswa baru UI Tahun Akademik 2021/2022 terdapat 11 prodi.

"Program Pendidikan Sarjana Paralel merupakan salah satu bukti komitmen UI terhadap pemerataan kesempatan belajar bagi masyarakat tanpa memandang batasan umur," kata Dekan FTUI Dr. Ir. Hendri D. S. Budiono, dalam keterangannya, Jumat.

Hal ini berbeda dari program pendidikan sarjana reguler yang membatasi usia ijazah kelulusan SMA/SMK tidak lebih dari tiga tahun dan sarjana Kelas Internasional dengan batas usia ijazah kelulusan tidak lebih dari lima tahun. Diharapkan calon mahasiswa memperoleh lebih banyak pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana,” katanya.

Prodi Teknik Perkapalan merupakan disiplin ilmu keteknikan yang berfokus pada rancang bangun dan sistem perkapalan yang meliputi perancangan kapal, proses produksi, reparasi dan perawatan kapal, instalasi permesinan, peraturan kemaritiman, dan pengetahuan dasar manajemen pengelolaan transportasi laut.

Baca juga: UI siapkan Arsiparis berkompeten level D4

Baca juga: FTUI buka program studi magister teknik lingkungan


Ketua Program Studi Teknik Perkapalan FTUI Dr. Eng. Muhammad Arif Budiyanto mengatakan lulusan prodi ini dapat berkarier sebagai tenaga ahli di bidang perencanaan, pembangunan, dan perbaikan kapal, perekayasa pada industri maritim, penyurvei pada badan klasifikasi, penilai pada asuransi perkapalan, tenaga edukatif pada pendidikan tinggi dan peneliti di lembaga penelitian maupun sebagai entrepreneur di industri perkapalan.

Prodi Teknik Komputer adalah disiplin khusus yang mengombinasikan pengetahuan dan kompetensi mengenai perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan perangkat elektronik digital lainnya serta konektivitas jaringan yang terkait dengan perekayasaan sistem komputer dan keamanan siber.

"Banyak lulusan prodi Teknik Komputer yang kini mengembangkan karier sebagai embedded system/IoT engineer, application developer, computer analyst, network engineer, termasuk yang terkait cybersecurity," kata Ketua Prodi Teknik Komputer FTUI Dr. Ir. Muhammad Salman.

Prodi Arsitektur Interior menekankan pada aspek perancangan interioritas pada arsitektur dimana mahasiswa diharapkan mampu merancang ruang berdasarkan aspek interioritas, pengetahuan multidisiplin, dan mengomunikasikan informasi, ide, dan solusi desain.

"Lulusan prodi arsitektur interior banyak meniti karier sebagai design principle pada konsultan interior, corporate designer atau perancang setting untuk film, TV, teater maupun bekerja sebagai akademisi dan kritikus," kata Dr. Ing. Ir. Dalhar Susanto, Ketua Departemen Arsitektur FTUI yang menaungi PS Arsitektur Interior.

Kesebelas prodi di sarjana paralel itu adalah: Prodi Teknik Sipil, Prodi Teknik Mesin, Prodi Teknik Elektro, Prodi Teknik Metalurgi dan Material, Prodi Arsitektur, Prodi Teknik Kimia, Prodi Teknik Industri. Selanjutnya Prodi Teknik Lingkungan, Prodi Teknik Perkapalan, Prodi Teknik Komputer, dan Prodi Arsitektur Interior.*

Baca juga: FTUI buka prodi magister manajemen integritas material

Baca juga: Vokasi UI tawarkan program studi siap hadapi industri kreatif

Pewarta : Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar