HUT Damkar ke-102, Mendagri ingatkan Damkar harus adaptif

id Pemadam kebakaran

HUT Damkar ke-102, Mendagri ingatkan Damkar harus adaptif

Dokumentasi - Petugas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur mengevakuasi balita dan anak-anak yang terjebak banjir di kawasan Kramat Jati, Sabtu (9/2/2020). ANTARA/HO-Damkar Jaktim/am.

Jakarta (ANTARA) -
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengingatkan, agar petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) dapat beradaptasi dengan kondisi pandemi COVID-19.
 
Tito Karnavian di Jakarta, Senin, mengatakan tugas-tugas yang memerlukan penyelamatan masyarakat tentunya tidak mengenal kondisi, dan petugas harus tetap bekerja melaksanakan tugasnya.
 
“Ada pandemi, tidak ada pandemi kebakaran tetap terjadi, masalah-masalah yang memerlukan penyelamatan masyarakat tetap terjadi dan kita harus tetap bekerja untuk melaksanakan tugas pokok itu,” kata Mendagri seiring dengan peringatan hari ulang tahun Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang ke-102 pada Senin 1 Maret 2021.
 
Mendagri mengingatkan petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan harus beradaptasi dengan memproteksi diri menggunakan perlengkapan tertentu.
Hal ini untuk menyiasati adanya korban yang terkena COVID-19, sehingga petugas tidak tertular. Proteksi itu misalnya dengan mengenakan masker, hand sanitizer, dan perlengkapan lainnya.

Kemudian, Mendagri Tito Karnavian juga mengingatkan pemadam kebakaran bukan hanya bertugas sebagai pemadam kebakaran, tetapi juga memiliki misi penyelamatan.

Mendagri mengatakan meskipun ada badan-badan lain yang khusus mengerjakan hal itu, pemadam kebakaran yang sudah didirikan sejak tahun 1919 tentunya sudah terlatih dan memiliki kemampuan spesifik.

Petugas pemadam kebakaran pun diminta untuk bersinergi dan memperkuat hubungan dengan badan-badan lain dalam hal kemampuan penyelamatan, seperti yang sudah dilakukan negara lain.

Mendagri juga meminta kepada petugas pemadam kebakaran agar responsif dan proaktif. Selain siaga dan memiliki respon cepat ketika ada bencana kebakaran, petugas juga diminta proaktif mencegah terjadinya kebakaran, seperti melakukan studi kelayakan terhadap konsep-konsep bangunan perumahan ataupun ruang publik untuk mencegah terjadinya kebakaran.
 
Sementara itu, pemadam kebakaran menggelar hari ulang tahun yang ke 102 pada Senin 1 Maret 2021, kegiatan dilaksanakan secara langsung dengan jumlah peserta terbatas dengan protokol kesehatan dan terhubung juga secara virtual dengan peserta dari seluruh Indonesia.
 
Karena, pelaksanaan HUT pemadam kebakaran dan penyelamatan kali ini masih dalam situasi pandemi COVID-19.
 
Peringatan HUT pemadam kebakaran dan penyelamatan pada tahun-tahun sebelumnya digelar di lapangan terbuka dengan berbagai kegiatan demonstrasi ketangkasan dan aksi lainnya.

Pewarta : Boyke Ledy Watra
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar