Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan Puskesmas memegang peranan penting dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 karena itu kecepatan program vaksinasi tergantung pada kesiapan puskesmas di seluruh Indonesia.

"Kita beruntung memiliki infrastruktur puskesmas yang andal, seperti di Puskesmas Kabat, Kabupaten Banyuwangi, kita lihat proses vaksinasi berlangsung lancar. Tenaga kesehatan dan infrastruktur puskesmas sangat siap," kata Puan dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Hal itu disampaikan Puan saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Kabat, Banyuwangi, Selasa (2/3) pagi, atau tepat satu tahun setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus perdana COVID-19 pada 2 Maret 2020.

Puskesmas menjadi agen untuk menerapkan prinsip vaksinasi yang berkeadilan, karena warga di desa-desa dapat terjangkau vaksinasi sehingga prinsip vaksinasi berkeadilan terpenuhi.

Baca juga: Puskesmas Kramat Jati batasi antrean peserta vaksinasi lansia

Baca juga: Wali Kota Jakbar mengecek pemberian vaksin di Puskesmas Cengkareng


Kunjungan Ketua DPR RI Puan Maharani ke Puskesmas Kabat merupakan rangkaian kunjungan kerjanya di Banyuwangi, Jawa Timur.

Selain melihat proses pelaksanaan vaksinasi, Puan juga berdialog dengan tenaga kesehatan Puskesmas Kabat, salah satu yang dibahas adalah penggunaan teknologi informasi untuk mempercepat pelayanan Puskesmas.

Banyuwangi telah menerima 34.140 dosis vaksin yang berarti setara 17.070 sasaran, hingga saat ini telah divaksin 11.000 sasaran dan akan dituntaskan dalam pekan ini untuk mencapai 17.070 sasaran.

Di semua puskesmas, vaksinasi dijalankan dengan sasaran serta tahapan sesuai ketentuan dari pemerintah pusat.*

Baca juga: Program PUSPA Jabar perkuat peran Puskesmas dalam penanganan COVID-19

Baca juga: Gubernur Khofifah pastikan vaksinasi di Jatim berjalan lancar


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021