Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 540 warga lanjut usia di Sunter Agung telah mendapat vaksin COVID-19 dalam tiga hari pelaksanaan vaksinasi di SMA Negeri 41 Jakarta.

Lurah Sunter Agung Danang Wijanarko
mengatakan jumlah lansia yang divaksinasi di Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, terus meningkat setiap hari.

"Hari pertama Senin (1/3) yang sudah divaksin sebanyak 169 orang. Hari kedua Selasa (2/3) kemarin 180 orang dan hari ketiga ini mengalami peningkatan hingga 191 orang. Jumlahnya selama tiga hari sebanyak 540 lansia," ujar Danang di Jakarta, Rabu.

Danang mengatakan total lansia yang ada di Kelurahan Sunter Agung mencapai 1.683 orang.
Ia berharap peningkatan warga lansia yang mengikuti vaksinasi terus berlanjut supaya tujuan menciptakan Jakarta Utara merdeka dari COVID-19 segera terwujud.

"Untuk proses sosialisasi, kami dibantu pengurus RT/RW setempat. Agar masyarakat tidak bingung, pelaksanaan kegiatan vaksinasi untuk lansia di wilayah Sunter Agung lokasinya tidak berpindah-pindah, tetap di SMA Negeri 41," kata Danang.

Baca juga: 180 lansia vaksin COVID-19 di SMAN 41 Jakarta
Baca juga: Tanjung Priok tambah lokasi vaksinasi lansia di Kelurahan Warakas


Danang menambahkan, pihaknya berusaha memberikan pendekatan personal kepada orang tua yang hendak mengikuti vaksinasi sebagai upaya memberikan rasa percaya diri kepada mereka.

"Kami melakukan penjemputan di gerbang lokasi vaksinasi sambil terus melakukan sosialisasi pentingnya vaksin dan menjalankan pola hidup sehat pasca-vaksin," kata Danang.

Pelaksanaan vaksinasi di Kelurahan Sunter Agung juga berkolaborasi dengan Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok.

Dengan terciptanya kolaborasi antara pemerintah, tenaga kesehatan dan masyarakat akan mempermudah mengurangi penularan COVID-19 di masyarakat.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021