kami lakukan tanpa mengurangi kualitas pelayanan
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Budi Utomo Malang menawarkan subsidi yang dikemas dalam Program Paket Pendaftaran Kuliah Menarik (PPKM) bagi calon mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022.

Rektor IKIP Budi Utomo (IBU) Malang Dr Nurcholis Sunuyeko di Malang, Senin, mengemukakan subsidi Program PPKM tersebut, kuotanya sangat terbatas, yakni hanya 500 pendaftar pertama dalam penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2021/2022.

"Program PPKM untuk jenjang S1 hanya 500 pendaftar pertama dan mereka akan mendapatkan subsidi sebesar Rp3 juta untuk sumbangan biaya pembangunan. Biaya pembangunan semula Rp5 juta menjadi Rp2 juta karena ada subsidi Rp3 juta. Bahkan, jika sumbangan biaya pembangunan dibayar lunas, mendapatkan cash back sebesar 10 persen,” papar doktor sosiologi tersebut.

Nurcholis mengatakan di tengah pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung selama satu tahun terakhir ini, pihaknya selalu berupaya memberikan kemudahan-kemudahan agar masyarakat dapat mengakses pendidikan di perguruan tinggi.

Baca juga: IKIP Budi Utomo bebaskan uang pembangunan putra-putri guru honorer

Selain Program PPKM bagi calon mahasiswa baru, kata Nurcholis, IBU juga menyediakan kelas atlet dan pekerja. Untuk kelas atlet dan pekerja, IBU memberi kesempatan pada mereka untuk memprogram jadwal kuliah menyesuaikan jam kerja serta mendapatkan pendampingan khusus.

“Untuk mendaftarkan diri, calon mahasiswa baru cukup melakukan pendaftaran dari rumah masing-masing. Para pendaftar bisa mengunjungi link www.maba.budiutomomalang.ac.id dan hanya mengisi nama, kontak dan program studi yang dipilih,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PMB IBU tahun akademik 2021/2022, Jasuli mengatakan alur atau tata cara PMB secara online tersebut sangat diperlukan, karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

“Setelah submit data secara online di http://maba.budiutomomalang.ac.id/, pastikan nomor gawai pendaftar selalu aktif, karena akan dihubungi oleh Panitia PMB. Siapkan berkas berupa scan Ijazah atau SKL SMA sederajat dan Scan Kartu Keluarga, dan pernyataan kesediaan sumbangan pembangunan,” paparnya.

Baca juga: Mahasiswa IKIP BU Malang gratiskan 1.000 botol hand sanitizer

Menurut Jasuli, jika calon mahasiswa baru berhasil submit data, sistem yang akan bekerja. Dengan begitu, calon mahasiswa baru tidak direpotkan dengan isian formulir seperti yang ditemui pada formulir di perguruan tinggi pada umumnya.

“Setelah itu, calon mahasiswa baru harus melakukan herregistrasi di bank, baik langsung maupun transfer ke No Rek BRI 0051.01.000968.30.0 a.n IKIP Boedi Utomo Malang. Calon mahasiswa baru harus melakukan pemindaian berkas berupa bukti pendaftaran, foto kopi ijazah, Foto kopi KK, kuitansi asli pembayaran di bank, lembar kesediaan sumbangan pembangunan dan dikirim ke e-mail: pmb@budiutomomalang.ac.id dengan format Subject: Nama Lengkap_Program Studi,” kata Jasuli.

Jasuli mengatakan IBU juga menyediakan berbagai beasiswa yang dapat diperoleh oleh calon mahasiswa baru.

“Kami (IBU) menyediakan subsidi, biaya kuliah paling terjangkau, serta berbagai beasiswa, seperti pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan lainnya. Semua itu kami lakukan tanpa mengurangi kualitas pelayanan sedikit pun,” tuturnya.

Untuk itu, tambah Jasuli, IBU siap memberikan pelayanan prima agar semua proses pendaftaran dapat berjalan lancar dan aman sampai dinyatakan diterima.

“Layanan yang kami terapkan adalah full service. Kami mengajak masyarakat yang ingin kuliah di IKIP Budi Utomo Malang segera melakukan pendaftaran sebelum kuota terpenuhi,” pungkasnya.

Baca juga: Pentas budaya nusantara kukuhkan "IBU" Malang jadi miniatur Indonesia

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021