Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengharapkan bahwa program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dapat memperkuat semangat Satu Data Indonesia.

"Program Desa Cantik ini sejalan dengan semangat Satu Data Indonesia, yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan," ujar LaNyalla dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Desa Cantik merupakan inovasi program pembinaan statistik sektoral dari BPS. Tujuannya adalah untuk mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi di seluruh kementerian atau lembaga.

Alumnus Universitas Brawijaya Malang itu menambahkan, Desa Cantik merupakan binaan BPS untuk menyuguhkan data-data konkrit pada setiap desa.

"Data-data yang tersaji di Desa Cantik bisa menjadi langkah untuk mewujudkan target SDGs," katanya.

LaNyalla menyampaikan, pemilihan Desa Cantik diambil melalui kategori desa yang paling dekat dengan masyarakat, karena desa adalah ujung tombak pembangunan.

"Kita menyambut baik program ini. Karena desa memang merupakan tempat tumbuhnya nilai-nilai kehidupan. Tanpa desa, tidak akan ada kehidupan," tuturnya AA LaNyalla

Senator asal Jawa Timur itu pun mengapresiasi Desa Pesanggrahan, Kota Batu, Jawa Timur yang dinobatkan sebagai Desa Cantik oleh BPS.

Baca juga: DPD RI: Kebijakan berdasarkan data di masa mendatang harus meningkat

Baca juga: Cara BPS berbenah hadapi era Revolusi Industri 4.0

Baca juga: Bappenas tekankan pentingnya data dalam Satu Data Indonesia

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021