Kota Tomohon perlu segera berbenah terutama dalam hal pengembangan dan pengelolaan potensi yang menjadi leading sektor yaitu pertanian, pariwisata dan jasa.
Manado (ANTARA) - Direktur Sungai dan Pantai Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Bob Arthur Lombogia mengatakan Kota Tomohon berfungsi hinterland Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Likupang-Bitung.

"Tomohon dilihat dari letak geografis serta berbagai potensi yang ada di dalamnya berfungsi sebagai daerah hinterland bagi salah satu dari 10 KSPN prioritas yaitu KSPN Likupang-Manado-Bitung," ujar Bob di Tomohon, Sabtu.

Karena itu, menurut dia, Kota Tomohon perlu segera berbenah terutama dalam hal pengembangan dan pengelolaan potensi yang menjadi leading sektor yaitu pertanian, pariwisata dan jasa.

"Salah satu hal prinsip dalam pengembangan sektor-sektor tersebut adalah ketersediaan air terutama untuk lahan pertanian, objek-objek wisata, restoran, permukiman, dan sektor lainnya," katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia menjadi tanggung jawab pemerintah daerah untuk pengembangan dan pengelolaan air di Kota Tomohon tersebut.


"Kami dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air siap menopang bahkan siap membantu pemerintah Kota Tomohon melalui program-program yang ada di Kementerian PUPR. Tentunya sesuai mekanisme dan prosedur yang ada," ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Tomohon, Caroll J.A. Senduk, SH melaksanakan konsultasi ke Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR dalam rangka program pengembangan dan pengelolaan sumber daya air yang ada di Kota Tomohon.

Menurut Caroll, salah satu program unggulan Pemerintah Kota Tomohon sesuai dengan visi misi kami Wali Kota dan Wakil Wali Kota Wenny Lumentut adalah menjawab kebutuhan masyarakat terkait pemenuhan air bersih.

Dari hasil konsultasi ini Pemkot Tomohon secepatnya kami akan menyusun masterplan pengembangan dan pengelolaan sumber daya air.
 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021