Pemkot Surakarta tidak paksa orang tua izinkan anak ikuti PTM

id Pemkot Surakarta, PTM

Pemkot Surakarta tidak paksa orang tua izinkan anak ikuti PTM

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. (ANTARA/Aris Wasita)

Solo (ANTARA) - Pemerintah Kota Surakarta tidak akan memaksa orang tua agar mengizinkan anak mereka mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) yang rencana akan mulai dilakukan bulan Juli 2021.

"Orang tua yang belum yakin untuk memasukkan anak-anaknya ke ruang kelas kami tidak memaksa, bisa tetap lewat daring. Kalau sudah setuju silahkan anaknya dikirim ke sekolah," kata Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jumat.

Meski demikian, pihaknya tetap berupaya untuk mengoptimalkan kesiapan infrastruktur di sekolah-sekolah untuk memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik.

"Infrastruktur kami siapkan semua, tempat cuci tangan, masker, faceshield. Bahkan guru sudah divaksin dosis kedua, staf sekolah juga sudah dua kali," katanya.

Baca juga: Nadiem sebut risiko peserta didik terinfeksi COVID-19 lebih rendah

Baca juga: Mendikbud : Setelah vaksinasi sekolah lakukan pembelajaran tatap muka


Mengenai kesiapan lain, dikatakannya, sejak beberapa hari yang lalu sudah ada 23 sekolah yang melakukan simulasi PTM.

"Pada dasarnya Solo ini sudah aman, siap buka sekolah, ada 23 sekolah yang sudah simulasi. Kemarin saya cek salah satunya di SMPN 7 sudah siap. Memang ada beberapa yang harus dievaluasi tetapi pada dasarnya sudah siap. Bahkan kalau bisa dipercepat ya kami percepat," katanya.

Sementara itu, terkait dengan vaksinasi untuk siswa, dikatakannya, sejauh ini belum masuk rencana Pemerintah Kota Surakarta.

"Nanti dulu, SMP kan 'nggak' boleh. Yang harus diketahui adalah vaksin ini kekebalan kelompok, bukan kekebalan individu. Yang belum divaksin jangan khawatir, sudah dilindungi oleh yang sudah divaksinasi," katanya.

Meski demikian, ia mengaku terbuka jika ada masukan dari orang tua siswa terkait rencana pelaksanaan PTM ini.

Baca juga: 24 sekolah di Solo segera uji coba pembelajaran tatap muka

Baca juga: Beberapa SMP di Solo mulai laksanakan pembelajaran tatap muka

Pewarta : Aris Wasita
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar