Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, menyatakan pendidikan, pertanian dan UMKM merupakan tiga prioritas pembicaraan dalam Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Musyawarah Kerja Nasional PKB 2021.

"Mukernas dan Munas alim ulama kali kali ini memiliki tujuan khusus yaitu ikhtiar dan usaha keras PKB mendukung dan mengupayakan percepatan pemulihan kebangkitan Indonesia pascapandemi Covid-19," kata dia, dalam sambutannya di hadapan Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan penyelenggaraan dan pemulihan pendidikan di saat pandemi bukan hal yang mudah. Sehingga berbagai upaya harus dilaksanakan secara mandiri maupun bersama-sama dengan pemerintah.

Baca juga: Jokowi harap PKB terus perkuat fondasi keagamaan dan kebangsaan

Ian menyatakan PKB berterimakasih kepada pemerintah telah mengeluarkan Undang-Undang Pesantren yang telah ditindaklanjuti melalui Peraturan Menteri Agama Nomor 30/2020 dan Nomor 31/2020.

Ia berharap UU Pesantren itu dapat diteruskan melalui Peraturan Presiden yang mengatur pelaksanaan peran pesantren, bukan saja dalam mencerdaskan kehidupan bangsa tetapi peran pesantren dalam membantu meningkatkan kualitas hidup dan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Presiden harap PKB terus dorong inovasi tata kelola politik yang baik

Selanjunyat terkait pertanian, kata dia, harapan pertanian sebagai solusi masa pandemi ini terus menjadi kekuatan arus utama pembangunan nasional.

Untuk bidang UMKM yang akan terus menjadi harapan dan perhatian dengan satu titik pijak kita berharap, pesantren menjadi salah satu sumber kemajuan UMKM.

Muhaimin berharap, PKB merupakan bagian dari partai pendukung pemerintah, akan terus bersama mendukung Indonesia bangkit, Indonesia maju, bagi keadilan, kemakmuran dan kesejahteraan.

Baca juga: PKB fokus bantu pemerintah lakukan pemulihan pascapandemi

"PKB siap mendukung dan mengawal agenda kenegaraan dan kebangsaan presiden dengan sunguh-sungguh dan akan dilakukan dengan berbagai kemampuan kami," kata dia.

Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Musyawarah Kerja Nasional PKB 2021 dibuka langsung Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis.

Dalam sambutannya Jokowi mengharapkan PKB terus memperkuat fondasi keagamaan dan kebangsaan untuk mewujudkan negeri yang baik di berbagai bidang. Selain itu, PKB terus mendorong inovasi tata kelola politik yang baik.

Pewarta: Fauzi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021