Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) berkomitmen untuk turut berkontribusi terhadap pengembangan UMKM dengan memberikan berbagai fasilitas pelatihan untuk mengembangkan kapasitas dan kapabilitas.

"Sumbangsih Angkasa Pura I terhadap negara tidak hanya berupa jasa konektivitas udara dan keuntungan ekonomi, melainkan juga peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program pengembangan UMKM, salah satunya adalah program pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan kapasitas dan kapabilitas UMKM Indonesia, khususnya UMKM yang berada di wilayah kerja Angkasa Pura I," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam pernyataan pers di Jakarta, Kamis.

Faik mengatakan, sebagai badan usaha yang beroperasi di tengah masyarakat, Angkasa Pura I memiliki kewajiban tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar. Komitmen terhadap peningkatan kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat, termasuk para pelaku UMKM, merupakan kunci bagi keberlanjutan bisnis di mana para pemangku kepentingan mendapat manfaat dari keberlangsungan bisnis perusahaan.

Baca juga: Angkasa Pura I layani 6,1 juta penumpang pada triwulan I 2021

Adapun berbagai pendidikan dan pelatihan bagi UMKM yang telah disiapkan Angkasa Pura I untuk tahun 2021 ini, antara lain pelatihan pemasaran digital untuk UMKM binaan di Bali pada Juli, UMKM binaan di Semarang pada Agustus, UMKM binaan di Kupang pada September, UMKM binaan di Maros Sulawesi Selatan, Lombok, Ambon pada Oktober, dan UMKM binaan di Yogyakarta pada triwulan IV 2021.

Kemudian pelatihan inovasi produk dan pemasaran kreatif untuk UMKM binaan di Sidoarjo Jawa Timur pada September, dan UMKM binaan di Solo pada Oktober.

Tidak hanya itu, Faik mengatakan pelatihan manajemen keuangan untuk juga diberikan kepada UMKM binaan di Banjarbaru Kalimantan Selatan pada Agustus, UMKM binaan di Sulawesi Utara pada September, UMKM binaan di Balikpapan pada November mendatang.

Baca juga: Angkasa Pura I siapkan lahan 33 hektare khusus layanan kargo

Selain program pelatihan, kata dia, terdapat berbagai program pengembangan UMKM lainnya yaitu program kemitraan melalui penyaluran kredit lunak bagi mitra UMKM binaan, program pemagangan, dan promosi dagang dalam bentuk kegiatan pameran pada skala regional, nasional, maupun internasional.

Ia menambahkan, Angkasa Pura I juga menyediakan fasilitas Galaeri UMKM di hampir seluruh bandara kelolaan untuk meningkatkan kelas UMKM dan membantu mempromosikan UMKM ke para penumpang pesawat yang melalui bandara. Pada ranah digital, Angkasa Pura I juga menyediakan website Gerai Angkasa (Angkat Karya Anak bangsa) bagi para UMKM mitra binaan Angkasa Pura I.

“Platform ini mampu menghubungkan UMKM dengan target pasar yang dituju, serta mendekatkan produk dan layanan unggulan mitra binaan Angkasa Pura I kepada pelanggan yang mengutamakan kualitas sekaligus efektifitas dalam berbelanja,” katanya.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021