New Delhi (ANTARA) - Seruan penguncian nasional bagi India meningkat karena kasus virus corona baru dan kematian mendekati rekor tertinggi pada hari Senin, meningkatkan tekanan pada pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi.

Kementerian kesehatan melaporkan 366.161 infeksi baru dan 3.754 kematian, sedikit dari puncak kasus baru-baru ini. Penghitungan infeksi di India sekarang mencapai 22,66 juta, dengan 246.116 kematian.

Karena banyak rumah sakit bergulat dengan kekurangan oksigen dan tempat tidur yang akut sementara kamar mayat dan krematorium meluap, para ahli mengatakan angka aktual India bisa jauh lebih tinggi daripada yang dilaporkan.

Sebanyak 1,47 juta sampel yang diuji pada hari Minggu untuk COVID-19 adalah yang terendah bulan ini, data dari Dewan Penelitian Medis India menunjukkan. Angka tersebut dibandingkan dengan rata-rata harian 1,7 juta selama delapan hari pertama bulan Mei.

Banyak negara bagian telah memberlakukan penguncian ketat selama sebulan terakhir sementara yang lain telah mengadopsi pembatasan pergerakan dan menutup bioskop, restoran, bar, dan pusat perbelanjaan.

Tetapi tekanan meningkat pada Modi untuk mengumumkan penguncian nasional seperti yang dia lakukan selama gelombang pertama infeksi tahun lalu.

Dia berjuang melawan kritik karena mengizinkan pertemuan besar di festival keagamaan dan mengadakan rapat umum pemilihan besar-besaran selama dua bulan terakhir bahkan ketika kasus-kasus melonjak.

"Kegagalan pemerintahan dalam proporsi epik dan bersejarah," kata profesor ilmu politik di Massachusetts Institute of Technology (MIT) Amerika Serikat, Vipin Narang di Twitter.

Pada hari Minggu, penasihat virus corona Gedung Putih Dr.Anthony Fauci mengatakan dia telah memberi tahu pihak berwenang India bahwa mereka perlu ditutup.

"Anda harus ditutup," kata Fauci di acara televisi ABC.

"Saya yakin beberapa negara bagian India telah melakukan itu, tetapi Anda perlu memutus rantai penularan. Dan salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan penguncian nasional.

"Asosiasi Medis India juga menyerukan penguncian secara lengkap, terencana, dan diumumkan sebelumnya".

New Delhi, ibu kota India, memasuki minggu keempat penguncian, dengan pembatasan yang lebih tegas seperti penutupan jaringan kereta pinggiran kota, sementara penduduk bergegas mencari tempat tidur rumah sakit yang langka dan persediaan oksigen.

"Ini bukan waktunya untuk bersikap lunak," kata menteri utama Delhi Arvind Kejriwal pada hari Minggu.

"Fase ini sangat sulit, gelombang ini sangat berbahaya, begitu banyak orang yang sekarat ... prioritas pada jam ini adalah menyelamatkan nyawa," katanya dalam pidato yang disiarkan televisi.

Pada Minggu malam, negara bagian utara Uttarakhand mengatakan akan memberlakukan jam malam dari Selasa hingga 18 Mei, hanya beberapa hari setelah pertemuan keagamaan massal yang diadakan di negara bagian itu menjadi acara penyebaran virus yang masif.

Toko-toko yang menjual buah-buahan, sayuran, dan produk susu akan tetap buka selama beberapa jam di pagi hari, sementara mal, pusat kebugaran, teater, bar, dan toko minuman keras termasuk di antara perusahaan yang akan ditutup, kata pemerintah.

Sumber : Reuters

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021