Kominfo sebut 2 kegiatan besar keagamaan jadi ajang perkuat kesatuan

id Menteri Komunikasi dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kemenkominfo, Johnny G. Plate, Lebaran 2021, Idul Fitri 1442 H

Kominfo sebut 2 kegiatan besar keagamaan jadi ajang perkuat kesatuan

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. (ANTARA/HO/Kementerian Komunikasi dan Informatika)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyebutkan dua kegiatan besar keagamaan yang terjadi pada Kamis (13/5) kemarin yaitu perayaan pertama Idul Fitri 1442 H serta perayaan Kenaikan Tuhan Yesus menjadi ajang yang bersejarah untuk memperkuat rasa kesatuan dan persatuan antar warga negara di Indonesia.

Hal itu disampaikannya dalam Halal Bihalal Lebaran yang diselenggarakan secara virtual oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Jumat siang.

"Kedua peristiwa keagamaan yang dirayakan pada hari yang sama ini, tentu saja sangat bermakna sebagai sebuah anugerah untuk saling meneguhkan dan mengukuhkan persaudaraan sejati di antara sesama anak bangsa ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa," ujar Johnny dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Menyelamatkan penyandang disabilitas dari jebakan internet

Menurutnya, persaudaraan dalam keberagaman antar umat beragama yang dibangun di Indonesia mencerminkan prinsip-prinsip moral dasar kemanusiaan yang dihayati secara universal.

Beberapa di antaranya seperti memberikan penghormatan terhadap martabat manusia, memihak kaum yang miskin atau kaum dhuafa, berbagi dalam komunitas, hingga menjaga komunitas sebagai tatanan sosial yang adil dan beradab.

Selain itu ada juga prinsip kesejahteraan umum yang menjadi hukum tertinggi atau dikenal juga dengan ungkapan Latin “Salum Populi Suprema Lex Esto” yang menjadi pegangan agar masyarakat secara umum dapat saling menghargai dan menciptakan kehidupan aman dan tertib.

"Prinsip-prinsip moral dasar kemanusiaan universal tersebut juga sejalan dengan nilai-nilai kebangsaan kita yang terus-menerus diperjuangkan, sejalan dengan sikap dan setiap perkembangan dan perubahan zaman. Di antaranya nilai religiusitas, nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, nilai produktivitas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, nilai keseimbangan antara hak dan kewajiban, saling toleransi dan tolong-menolong, nilai demokrasi dan cinta Tanah Air, serta nilai kesetaraan di hadapan hukum atau Equality Before the Law," ujar Johnny.

Untuk itu ia mengajak seluruh masyarakat di Indonesia tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang telah tercipta di antara umat beragama.

Ia pun mengungkapkan rasa bersyukur dan bahagianya karena dapat tinggal dalam lingkungan yang penuh toleransi dan saling memahami.

“Oleh karenanya, kekayaan spiritual yang dimiliki Indonesia inilah yang harus terus disyukuri," katanya.

Untuk menutup pesannya, ia tak lupa mewakili Kementerian Kominfo menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri 1442 H bagi seluruh umat Muslim di Indonesia yang masih merayakan momen Hari Kemenangan itu di hari kedua perayaannya.

“Di hari penuh kebahagiaan ini, sekali lagi kami menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, minal aidzin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin," tutup Johnny. 

Baca juga: Kominfo: Pemenang seleksi multipeksing siapkan 50 persen slot LPS

Baca juga: Pemerintah rencanakan empat lokasi pusat data nasional

Baca juga: Kemkominfo luncurkan Gernas Literasi Digital sasar 12,4 juta warga


Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar