Pemudik arus balik Lebaran 2021 positif COVID-19 di pos pantura Bekasi

id Satu pemudik positif,Positif COVID-19,pemudik asal Kuningan,pekerja di Jakarta,Pos sekat mudik,Kabupaten Bekasi

Pemudik arus balik Lebaran 2021 positif COVID-19 di pos pantura Bekasi

Pemeriksaan kesehatan pemudik di posko penyekatan arus balik Lebaran 2021 Jalan Raya Rengas-Lemahabang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (17/5/2021). (FOTO ANTARA/ Pradita Kurniawan Syah).

Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Satu orang pemudik dinyatakan positif COVID-19 usai menjalani serangkaian tes kesehatan di posko penyekatan jalur pantai utara (pantura) di Jalan Raya Rengas-Lemahabang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin.

Kapolsek Cikarang Timur Kompol Josmen Sitorus mengatakan petugas berhasil menjaring 84 orang pemudik arus balik Lebaran 2021 untuk menjalani pemeriksaan COVID-19.

"Awalnya 84 pemudik itu menjalani tes usap antigen, satu di antaranya reaktif. Petugas medis kemudian melakukan pemeriksaan lanjutan dan hasilnya dinyatakan positif positif COVID-19," katanya di Cikarang, Senin (17/5) malam.

Dia mengatakan seorang pemudik yang dinyatakan positif COVID-19 itu mengaku pulang mudik dari Kabupaten Kuningan, Jawa Barat hendak menuju DKI Jakarta.

"Jadi dia ini karyawan di wilayah Jakarta Selatan. Di sana, ia tinggal di mes karyawan," katanya.

Petugas kesehatan kemudian membawa pemudik tersebut ke tempat isolasi terpusat di Hotel Citra Inn Lippo Cikarang guna menjalani karantina.

"Terhadap pemudik itu akan dilakukan isolasi selama dua minggu. Keluarga pemudik sudah dihubungi untuk ke sini mengambil motor pemudik," kata Josmen Sitorus.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah mengaku sudah menyiapkan skema jika mendapati pemudik yang hasil tesnya positif COVID-19.

Skema itu dengan langsung memisahkan area pemudik positif itu ke area lain. Kemudian pemudik tersebut segera dibawa ke tempat isolasi terpusat untuk pemantauan lebih lanjut.

"Area bekas pemudik positif itu juga kami sterilkan dengan disemprot disinfektan," demikian Alamsyah.

Baca juga: Satgas Bekasi siapkan tes usap antigen pemudik arus balik

Baca juga: 24.477 pemudik diputar balik di titik sekat Bekasi

Baca juga: Polisi tangkap empat pemudik provokator terobos barikade di Bekasi

Baca juga: Petugas hentikan 200 pemudik di Jalur Pantura Bekasi


 

Pewarta : Pradita Kurniawan Syah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar