Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di Indonesia terjadi pada Senin (17/5) disiarkan ANTARA dan masih layak anda baca kembali untuk informasi pagi ini.

1. LaNyalla Singgung Dekrit 5 Juli 1959 saat bertemu Pengurus Nasional PP

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyinggung soal peristiwa bersejarah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 saat bertemu Pengurus Nasional Pemuda Pancasila (PP).

AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dalam keterangan persnya diterima di Jakarta, Senin, mengatakan Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno bertemu dengannya dalam momentum halal bihalal yang dikemas terbatas dan sederhana, namun tak mengurangi bobot pembicaraan.

Selengkapnya baca disini

2. Gus AMI sebut pembangunan SDM kunci utama kemajuan bangsa

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI mengatakan pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci utama dalam kemajuan sebuah bangsa, sehingga rendahnya daya saing bangsa juga diakibatkan dari rendahnya indeks pembangunan SDM.

"Hal ini bermuara pada rendahnya inovasi, pendapatan per kapitanya, hingga rendah rasio gizinya. Itu semua akhirnya berpengaruh pada rendahnya indeks kebahagiaan warga," kata Gus AMI dalam keterangannya, di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

3. Menpan RB akan jatuhkan sanksi terhadap 134 ASN yang diduga mudik

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menegaskan pihaknya akan menjatuhkan sanksi terhadap 134 pegawai aparatur sipil negara (ASN) yang diduga melanggar aturan mudik saat masa cuti bersama dan liburan Lebaran 2021.

"Mohon yang masuk dalam sistem LAPOR! segera diselidiki dan ditindaklanjuti. Jika memang terbukti bersalah, pejabat pembina kepegawaian (PPK) dapat memberi sanksi," kata Tjahjo berbicara di hadapan jajarannya di Kantor Kementerian PAN RB, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

4. NasDem dukung upaya RI hentikan agresi militer Israel di Palestina

Partai NasDem mengapresiasi dan mendukung langkah-langkah yang tengah dilakukan Pemerintah Indonesia untuk menghentikan agresi militer Israel di Palestina.

"Pemerintah RI tidak tinggal diam. Pemerintah telah berperan aktif agar kekerasan yang terjadi di Gaza dapat segera dihentikan," kata Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali dalam siaran pers, di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

5. Ketua DPR dorong transfer teknologi pembuatan vaksin COVID-19

Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong transfer teknologi untuk pembuatan vaksin COVID-19 dari negara maju kepada pusat-pusat produksi vaksin di negara berkembang.

Sejalan dengan itu, Puan mendorong penghapusan larangan ekspor untuk bahan-bahan dasar pembuat vaksin.

Selengkapnya baca disini

Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021