Jakarta (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia Inspektur Jenderal Polisi Istiono mengatakan volume kendaraan arus balik dari Sumatera ke Jakarta turun 20 persen pada Minggu (23/5).

Kakorlantas Polri saat memantau mobilitas penduduk di Kilometer (KM) 34 Tol Cikampek, Jawa Barat, menambahkan volume kendaraan arus balik dari Jawa ke Jakarta pun mulai normal jika melihat fluktuasi arus balik dalam dua hari terakhir.

Baca juga: Kakorlantas Polri: Swab antigen di 149 titik efektif cegah COVID-19

“Bahwa volume arus kendaraan yang dari Jawa menuju Jakarta kemarin mengalami kenaikan sebesar 11 persen. Dan sampai malam hari ini mengalami kenaikan sebesar 6 persen. Arus dari Sumatera menuju Jakarta kemarin mengalami kenaikan 22 persen. Dan hari ini mengalami penurunan 20 persen,” kata Istiono.

Arus kendaraan lebih kurang 100 ribu sudah masuk ke Jakarta. Istiono mengatakan jumlah itu berarti bahwa kendaraan dari Jawa maupun Sumatera mengikuti arus balik secara bertahap menuju Jakarta.

Baca juga: Kakorlantas: 400 orang reaktif hasil tes cepat selama arus balik

Menurut Istiono, arus kendaraan yang mengikuti arus balik tidak hanya menumpuk di satu hari tertentu. Tapi terbagi arusnya hari per hari, mengalir secara bertahap.

Sehingga, saat ini kondisi arus lalu lintas bisa kembali normal seperti sebelum libur lebaran 2021.

“Secara umum situasi Kamseltibcarlantas ini aman dan terkendali. Tidak ada kejadian-kejadian yang menonjol selama arus balik. Mudah-mudahan seterusnya berjalan dengan aman, tertib dan terkendali,” kata Istiono.

Dalam kesempatan itu, Jenderal bintang dua itu didampingi Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri Komisaris Besar (Kombes) Polisi Rudy Antariksawan dan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021