Moskow (ANTARA) - Kritikus Kremlin, Alexei Navalny, mengatakan dia telah diberi tahu di penjara tentang tiga penyelidikan kriminal baru terhadapnya, menurut sebuah unggahan di akun Instagram-nya yang disiarkan pada Selasa.

Navalny mengatakan dia telah mengetahui tentang kasus-kasus itu dari seorang penyelidik yang mengunjunginya di tahanan pada Senin (24/5).

"Saya menjadi penjahat yang lebih keras setiap hari. Jadi jangan mengira saya hanya duduk di sel, minum teh, dan tidak melakukan apa-apa," canda Navalny dalam unggahan di Instagram tersebut.

Dia mengatakan penyidik sedang menjalankan investigasi tentang pencurian sumbangan dari FBK, yayasannya di bidang antikorupsi, juga soal pendirian sebuah organisasi yang melanggar hak asasi manusia, dan tindakan penghinaan terhadap hakim.

Komite Investigasi Rusia sebelumnya mengatakan telah membuka kasus yang melibatkan FBK dan pelanggaran hak asasi manusia terhadap Navalny dan para sekutunya.

Pada Februari tahun ini, seorang jaksa penuntut meminta Komite Investigasi Rusia untuk memeriksa apakah pernyataan Navalny selama salah satu persidangannya dapat memenuhi syarat sebagai penghinaan terhadap hakim.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pasukan keamanan Rusia tahan pengacara pembela kelompok Navalny

Baca juga: Amnesty International: Rusia mungkin perlahan bunuh Navalny


 

Rusia rayakan Hari Angkatan Laut dengan parade militer di St. Petersburg

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021