Jakarta (ANTARA) - PT Telkom Indonesia bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkolaborasi mewujudkan digitalisasi industri pariwisata di lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) di Indonesia, sebagai bentuk akselerasi pemulihan ekonomi nasional.

Kolaborasi tersebut dilakukan dalam rangka mengembangkan Jaringan Pariwisata (JP) Hub. Adapun penunjang utama JP Hub adalah Wonderin.id yang merupakan platform digital untuk travel dan turisme Indonesia yang dikembangkan Telkom.

Baca juga: Destinasi Pariwisata Super Prioritas akan miliki wisata otomotif

"BAKTI Kominfo selain melakukan pemerataan infrastruktur terutama di daerah Terdepan, Terluar, dan Terpencil, serta daerah yang masih belum memiliki akses telekomunikasi, juga melakukan pengembangan ekosistem digital," ujar Direktur BAKTI Anang Latief dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

"Salah satunya kerja sama dengan Telkom tidak hanya terbatas menyediakan koneksi telekomunikasi, namun juga memberikan nilai nambah dalam bentuk kemampuan digital untuk menunjang ekonomi masyarakat khususnya terkait pariwisata," sambung dia.

Ruang lingkup kerja sama meliputi pelatihan dan pendampingan pelaku pariwisata dalam digitalisasi sektor akomodasi, tempat wisata, dan paket wisata.

Program ini dimulai dari lokasi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang merupakan Destinasi Pariwisata Super Premium yang dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Baca juga: Mengejar pembangunan destinasi super prioritas Danau Toba

Nantinya terdapat 10 kabupaten yang menjadi target pelaksanaan digitalisasi (onboarding), yakni Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada, Nageko, Ende, Sikka, Lembata, Flores Timur, dan Alor.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza mengatakan pihaknya terus berinisiatif untuk mengambil peran dalam memastikan adopsi pemanfaatan teknologi berbasis digital guna mendorong pemulihan perekonomian, termasuk industri pariwisata.

"Melalui Wonderin.id kami akan senantiasa mendorong upaya kolaboratif bersama seluruh pemangku kepentingan guna mencapai proses digitalisasi pariwisata yang lebih baik ke depannya," ujar dia.

Reza berharap pelatihan ini dapat menjadi kegiatan interaktif yang mampu memfasilitasi para pemilik usaha untuk mengembangkan potensi bisnisnya berbekal transformasi digital yang diterapkan secara holistis.

Selain itu, layanan ini diharapkan juga akan mempermudah proses pengelolaan hingga penjualan, sehingga berbagai pengelola bisnis wisata dapat terus bergerak maju mengikuti perkembangan terkini.

"Kami meyakini dengan adanya digitalisasi akan menjadikan Indonesia lebih baik lagi," ucap dia.

Wonderin.id merupakan platform digital pariwisata Indonesia besutan Telkom yang menjadi solusi teknologi mendorong pengembangan ekosistem pariwisata.

Platform ini menghadirkan layanan unggulan yang mencakup XGDS (Global Distribution System) untuk membangun jembatan serta jaringan yang kuat dengan mitra pariwisata dalam memasarkan produk dan layanan, menyederhanakan akses distribusi serta informasi, dan analisis bisnis perjalanan untuk meningkatkan pengalaman transaksi bagi para mitra.

Setelah bekerja sama dengan berbagai pihak baik BUMN dan pelaku pariwisata, Wonderin.id akan terus memperkuat perannya dalam mendampingi para pelaku UMKM untuk menjadi penggerak utama pertumbuhan perekonomian pariwisata nasional serta kemajuan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

Baca juga: Langkah tiket.com untuk dukung lima destinasi super prioritas

Baca juga: Indonesia promosikan 5 destinasi super prioritas di Spanyol

Baca juga: Kawasan destinasi wisata super prioritas di NTT bertambah

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021