Pelaku pariwisata harap investor Dubai serius garap Pulau Banyak Aceh

id pulau banyak,investor dubai,pariwisata aceh,Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia

Pelaku pariwisata harap investor Dubai serius garap Pulau Banyak Aceh

Wisatawan di Pulau Panjang, Pulau Banyak, Aceh Singkil. Antara Aceh/M Haris SA

Banda Aceh (ANTARA) - Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) mengharapkan investor dari Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), serius berinvestasi di sektor pariwisata di Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil.

"Kami berharap investor Dubai tersebut serius dan benar-benar berinvestasi di Pulau Banyak. Kami juga berharap investasi pariwisata tersebut bisa segera terealisasi," kata Ketua ASPPI Aceh Azwani Awi di Banda Aceh, Senin.

Aceh, kata dia, memiliki potensi pariwisata menjanjikan. Namun, potensi tersebut belum tergarap dengan maksimal. Untuk menggarap potensi tersebut dibutuhkan investasi yang tidak sedikit.

Menurut dia, dengan adanya investasi perusahaan asal Dubai, UEA, tersebut diharapkan bisa terbangun sarana dan prasarana pariwisata di Pulau Banyak.

Baca juga: Gubernur Aceh ke Abu Dhabi bicarakan realisasi Investasi UEA

Investasi di Pulau Banyak tersebut, lanjutnya, menjadi titik awal pengembangan pariwisata di Provinsi Aceh, sehingga provinsi ujung barat Indonesia tersebut bisa menjadi daerah kunjungan wisatawan mancanegara.

"Karena itu, kami berharap investor Dubai ini benar-benar serius berinvestasi di Pulau Banyak. Kami juga berharap ada investor lainnya ikut mengembangkan sektor pariwisata di Aceh," kata Azwani Awi.

Sebelumnya Murban Energy, perusahaan ternama asal UEA, berencana menanamkan modalnya pada pengembangan kawasan wisata mewah di Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil dengan nilai investasi berkisar 300-500 juta dolar AS.

Baca juga: Delegasi Aceh bicarakan investasi Pulau Banyak dengan UEA di Abu Dhabi

“Perusahaan tersebut terbilang sukses dalam mengelola dan memasarkan sebuah pulau sebagai kawasan wisata marina berbasis vila yang berhasil mendatangkan wisatawan lokal, nusantara dan mancanegara,” kata Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Menurut Gubernur, perusahaan Murban berkomitmen membangun infrastruktur seperti bandara, pelabuhan, dan jalan, serta memberi manfaat sosial bagi masyarakat.

"Manfaat sosial bisa berupa bantuan pendidikan, pendanaan penanaman bakau dan membantu nelayan serta membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat sekitar," kata Nova Iriansyah.

Nova Iriansyah merasa yakin melalui kerja sama investasi oleh Murban Energy, kawasan wisata Pulau Banyak akan berkembang pesat dan menjadi destinasi dunia.

“Semoga kerja sama ini akan segera terwujud dan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat Aceh Singkil khususnya dan Aceh serta Indonesia pada umumnya,” katanya.

Baca juga: Disbudpar Aceh kembangkan potensi wisata di Pulau Banyak, Singkil

Baca juga: Konjen RI Dubai bawa 30 investor perbankan syariah UAE ke Indonesia

Pewarta : M.Haris Setiady Agus
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar