Tanamkan semangat membangun dalam jiwa rakyat Indonesia
Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Ketua DPRD Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Iskandar mengajak seluruh masyarakat di daerahnya memaknai Pancasila sebagai ideologi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Lima pilar yang terkandung dalam falsafah Pancasila menjadi pedoman penting sebagai cerminan kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Iskandar, di Sungailiat, Selasa menanggapi Hari Kelahiran Pancasila.

Sebagai negara yang besar dan memiliki beraneka ragam suku, budaya, ras, dan agama, kata Iskandar, negara kesatuan Indonesia dibangun dengan semangat persatuan. Kesatuan dan persatuan itu yang harus dijaga oleh seluruh rakyat Indonesia guna kepentingan bersama.

"Menjaga persatuan dan kesatuan bagian dari cara memaknai dan mengimplementasi Pancasila sebagai dasar pandangan hidup berbangsa dan bernegara," katanya pula.

Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini, kata dia, menjadi momentum yang tepat bagi masyarakat memperkuat persatuan, sehingga permasalahan bangsa seperti penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi segera dapat pulih kembali.

"Tanamkan semangat membangun dalam jiwa rakyat Indonesia dengan mengedepankan sikap toleransi, saling menghormati dan menghargai," kata Iskandar.

Dia optimistis, pandemi COVID-19 yang telah menelan korban ribuan orang dan mengakibatkan melemahnya perekonomian masyarakat, dapat segera diatasi dan kembali normal.
Baca juga: Nilai Pancasila sebagai modal hadapi pandemi COVID-19
Baca juga: Bupati Bangka: Kemerdekaan dimaknai dengan menjaga Pancasila

Pewarta: Kasmono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021