Menteri PUPR ajukan anggaran Bina Marga Rp39,70 triliun tahun depan

id menteri pupr,bina marga,anggaran pupr,pembangunan jalan,pembangunan jembatan

Menteri PUPR ajukan anggaran Bina Marga Rp39,70 triliun tahun depan

Foto aerial jalan Tol Serang – Panimbang seksi 1. ANTARA/HO-BPJT Kementerian PUPR/am.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengajukan usulan anggaran tahun 2022 untuk Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga sebesar Rp39,70 triliun kepada Komisi V DPR RI.

"Untuk Ditjen Bina Marga sebesar Rp39,70 triliun dengan kegiatan prioritas antara lain pembangunan jalan sepanjang 239 kilometer. Kemudian pembangunan dan duplikasi jembatan 4.937 meter," ujar Menteri Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Kegiatan prioritas lainnya yang akan dilakukan Ditjen Bina Marga pada tahun 2022 yakni peningkatan aksesibilitas jalan layang dan terowongan 427 meter, kemudian preservasi rutin jalan, dan jembatan nasional serta revitalisasi drainase.

Baca juga: Bina Marga DKI uji coba jalan layang Lenteng Agung-Tanjung Barat

Di samping itu kegiatan prioritas lainnya yang direncanakan Ditjen Binar Marga pada tahun 2022 yakni peningkatan konektivitas jalan bebas hambatan sepanjang 16,2 kilometer dengan alokasi anggaran Rp4,62 triliun, antara lain diperuntukkan untuk konstruksi Tol Serang-Panimbang, Tol Semarang-Demak, dan terkait pembebasan lahan jalan tol.

Rencana anggaran Ditjen Bina Marga sebesar Rp39,70 triliun tersebut merupakan bagian dari pagu indikatif Tahun Anggaran 2022 Kementerian PUPR yang diajukan kepada DPR sebesar Rp100,46 triliun.

Adapun fokus Kementerian PUPR di tahun 2022 yakni akan lebih fokus pada kegiatan-kegiatan prioritas untuk pemanfaatan infrastruktur yang sudah terbangun.

Baca juga: PUPR targetkan uji laik fungsi Jalan Tol Serang-Panimbang pada Juni

 

Pewarta : Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar