ucapan terimakasih dan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas perjuangan kerja keras dan dedikasi yang telah saudara curahkan
Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyebut tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas dalam operasi penyekatan mudik dan arus balik sebagai pahlawan kemanusiaan.

"Anda semua adalah pahlawan kemanusiaan, ucapan terimakasih dan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas perjuangan kerja keras dan dedikasi yang telah saudara curahkan dengan penuh keikhlasan dalam Ops Ketupat Jaya 2021," ujar Fadil di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Polda Metro perpanjang operasi penyekatan hingga 31 Mei

Dalam kesempatan itu Fadil juga memberikan penghargaan kepada 149 tenaga kesehatan yang terdiri dari 88 personel Polda Metro Jaya, 50 personel TNI, dan 11 mitra kesehatan.

Fadil juga memahami bahwa menjalankan tugas sebagai tenaga kesehatan dalam operasi penyekatan mudik dan arus balik tidaklah mudah.

Meski pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik dalam rangka menekan angka penyebaran COVID-19, pada kenyataannya, masih banyak yang tidak mengindahkan larangan mudik dan tetap memaksakan diri untuk pulang ke kampung halaman.

Baca juga: Polda Metro bentuk tim periksa keaslian surat bebas COVID-19

"Saya bisa merasakan kondisi fisik dan kesabaran rekan-rekan nakes dengan menghadapi saudara kita yang mudik dengan berbagai perilaku dan tindakan," ujarnya.

Polda Metro Jaya mencatat sekitar 1,5 juta warga DKI dan sekitarnya yang nekat mudik sehingga berpotensi menimbulkan lonjakan angka COVID-19 pasca Idul Fitri, namun hal itu bisa dicegah berkat berbagai langkah antisipasi dari pihak kepolisian bersama TNI dan pemerintah daerah.

"Namun langkah-langkah yang kita laksanakan tersebut, alhamdulillah hingga saat ini angka penambahan kasus positif covid-19 di DKI Jakarta dan sekitarnya relatif dapat dikendalikan meski sempat naik namun saat ini sudah menunjukkan adanya perbaikan," kata Fadil.

Baca juga: Polda Metro berlakukan pos penyekatan arus balik hingga 24 Mei

Secara keseluruhan, Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemerintah Daerah berhasil menjaring 933 pemudik yang terindikasi positif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap antigen selama arus balik dari titik penyekatan maupun di basis komunitas.

"TNI dan polri merupakan garda terdepan dalam penanganan pandemi COVID-19, dengan sinergitas yang dibangun kita berharap ke depan pandemi bisa berakhir dan perekonomian nasional menjadi pulih kembali hingga stabilitas keamanan dapat terus berjalan," pungkasnya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021