Mukomuko (ANTARA) - Berdasarkan peta Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan tiga dari 15 kecamatan di daerah itu saat ini berstatus zona merah penyebaran COVID-19.

“Tiga kecamatan itu memang zona merah, dan secara data dia sudah merah,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Hal itu berdasarkan update peta epidemologi COVID-19 di daerah ini sejak beberapa hari terakhir. Dari sebanyak 15 kecamatan ada tiga kecamatan berstatus zona merah penyebaran COVID-19.

Sebanyak tiga dari 15 kecamatan yang berstatus zona merah penyebaran COVID-19 di daerah tersebut, yakni Kecamatan Air Dikit, Kecamatan Teramang Jaya dan Kecamatan Penarik.

Baca juga: Jumlah kasus aktif COVID-19 di Mukomuko berkurang jadi 62

Baca juga: ASN Mukomuko menolak tugas pelaksana program bantuan pasien COVID-19


Bustam Bustomo yang juga sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko menyatakan meskipun bukan instansinya yang menetapkan zona, tetapi dari jumlah kasus tiga daerah ini paling rawan penyebaran virus corona.

“Yang menetapkan zona tersebut merah, oranye dan kuning itu satgas, tetapi kalau berdasarkan data kasus aktif COVID-19 di tiga kecamatan daerah ini memang merah,” ujarnya.

Supervisor Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko Hitatun A Razak mengatakan kalau berdasarkan update peta epidemologi COVID-19, seharusnya tiga kecamatan itu zona merah.

“Satgas belum menetapkan tiga kecamatan ini berstatus zona merah, tetapi kalau berdasarkan data kasus aktif COVID-19 di daerah ini seperti zona merah COVID-19,” ujarnya.

Selain itu, tiga kecamatan di daerah ini berstatus zona oranye, yakni Kecamatan Air Manjuto, Kecamatan V Koto dan Kecamatan Teras Terunjam dan dua kecamatan berstatus zona kuning, yakni Kecamatan Lubuk Pinang dan Kecamatan Kota Mukomuko.

Hitatun menyatakan kalau secara umum atau kumulatif di Kabupaten Mukomuko berada di zona oranye karena kecamatan di daerah ini lebih banyak zona hijau, dan hanya tiga zona merah.*

Baca juga: Polisi bubarkan pengunjung tempat wisata di Mukomuko

Baca juga: Puluhan pasien positif COVID-19 di Mukomuko-Bengkulu jalani isolasi

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021