Jakarta (ANTARA) - Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Jaya Mayjen TNI Mulyo Ajie mengatakan Presiden Joko Widodo memandang penting vaksinasi COVID-19 bagi pekerja sektor transportasi di darat dan laut.

Hal itu disampaikan Presiden usai meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pekerja transportasi di tiga tempat, yaitu Terminal Bus Kampung Rambutan (Jakarta Timur), Pelabuhan Keberangkatan Pelindo II Tanjung Priok dan Pelabuhan Sunda Kelapa Penjaringan (Jakarta Utara).

Presiden memandang proses vaksinasi yang dilaksanakan selama ini manajemen lapangannya telah berjalan dengan rapi dan baik. "Presiden menginginkan agar pelaksanaan vaksinasi juga digelar dalam lingkup moda transportasi darat maupun dalam lingkup moda transportasi laut," kata Pangdam Jaya dalam keterangannya.

Sektor transportasi menjadi penting untuk diprioritaskan mendapat vaksin COVID-19 karena banyaknya interaksi dan mobilitas orang dan barang yang berasal dari berbagai wilayah, baik dalam maupun luar negeri.

Guna mengetahui vaksinasi tersebut, Presiden meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal yang dilaksanakan di terminal bus serta vaksinasi massal yang dilaksanakan di lingkup pelabuhan laut.

Presiden Jokowi didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Gubernur DKI Anies Baswedan, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dan sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Polsek Pasar Minggu vaksinasi 200 warga
Baca juga: Kemenkes gelar vaksinasi untuk usia minimal 18 tahun di Jakarta

Selama peninjauan, Pangdam Jaya beserta segenap jajaran TNI melaksanakan Pengamanan (Pam) Waskita terhadap Presiden Jokowi.

Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang TNI Nomor 34 tahun 2004, tugas pokok TNI di antaranya adalah mengamankan keselamatan presiden dan wakil presiden beserta keluarganya.

Seperti halnya saat ini dilaksanakan oleh Pangdam Jaya/Jayakarta dalam kegiatan Presiden RI melaksanakan peninjauan pelaksanaan vaksinasi massal di Terminal Bus Kampung Rambutan, Pelabuhan keberangkatan penunpang Pelindo II Tanjung Priok dan lokasi vaksinasi massal di Pelabuhan Sunda Kelapa Penjaringan Jakarta Utara.

Selain Pangdam Jaya/Jayakarta dalam Pam Waskita kali itu juga hadir pejabat lain di antaranya Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, Danrem 051/Wkt, Danrem 052/Wkr, Asintel Kasdam Jaya, Asops Kasdam Jaya, Aster Kasdam Jaya, Kapendam Jaya, Dandim 0502/JU, Dandim 0505/JT, Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan dan Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Guruh Arif Darmawan.

Kepala Penerangan Kodam Jaya Kolonel Arh Herwin BS mengatakan, Pam Waskita yang dilaksanakan oleh pejabat TNI-Polri maupun pemerintah daerah merupakan tugas protokoler kenegaraan.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021