Sekarang Pemprov DKI Jakarta yang harus fokus melakukan sosialisasi agar warga Jakarta mau mendaftarkan dirinya untuk segera ikut vaksinasi.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menyatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal mewujudkan kekebalan kelompok (herd immunity) terhadap COVID-19 pada Agustus 2021, seperti yang ditargetkan Presiden RI Joko Widodo.

"Untuk mencapai target yang diminta Presiden Jokowi, tentu bukan hal yang mudah, ini tantangan yang cukup berat untuk Pemprov DKI Jakarta. Namun, saya yakin Gubernur DKI Jakarta mampu merealisasikannya," kata Sahroni dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Sahroni mengemukakan hal itu terkait dengan Presiden Joko widodo yang memberi target kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mewujudkan kekebalan kelompok terhadap COVID-19 pada bulan Agustus 2021.

Anies menyebut bahwa pihaknya telah menargetkan penyaluran 100.000 vaksin dalam 1 hari.

Apabila melihat langkah Gubernur DKI Jakarta sudah sukses melaksanakan vaksinasi 75 persen lansia di DKI Jakarta, kata Sahroni, membuatnya optimis dan yakin Gubernur DKI Jakarta bisa merealisasikan target.

Target tersebut, menurut dia, DKI Jakarta mencapai herd immunity dan tujuh juta warga mendapat vaksin COVID-19 di akhir Agustus 2021.

Sahroni juga meminta Pemprov DKI Jakarta fokus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan pentingnya vaksin dan kelancaran pelaksanaan vaksinasi di lapangan.

"Sekarang Pemprov DKI Jakarta yang harus fokus melakukan sosialisasi agar warga Jakarta mau mendaftarkan dirinya untuk segera divaksin. Yang terpenting juga kemudahan akses mereka untuk vaksin," ujarnya.

Politikus Partai NasDem itu menilai langkah tersebut agar masyarakat tidak bingung kalau mau vaksin, misalnya, bagaimana caranya atau ke mana mereka harus pergi.

Menurut dia, kalau sistem sudah baik, tingkat kemauan masyarakat untuk vaksin juga tinggi. Dalam hal ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dapat mencapai target yang diberikan Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden harap DKI Jakarta capai kekebalan komunal bulan Agustus

Baca juga: Kemenkes gelar vaksinasi untuk usia minimal 18 tahun di Jakarta


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021