Dispar Mataram akan buka posko vaksinasi bagi pelaku pariwisata

id covid,dispar,mataram,vaksin covid,vaksin corona,vaksin covid-19,vaksinasi

Dispar Mataram akan buka posko vaksinasi bagi pelaku pariwisata

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi. ANTARA/Nirkomala

Mataram (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, akan membuka posko layanan vaksinasi COVID-19 bagi pelaku pariwisata sebagai upaya meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga keselamatan pelaku pariwisata di kota itu.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Kamis, mengatakan, posko layanan vaksinasi COVID-19 akan di buka di halaman kantornya di Jalan Majapahit dengan target sasaran 350-500 orang.

"Untuk pelaksanaan vaksinasi bagi pelaku pariwisata kita akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram," katanya.

Menurutnya, pembukaan posko layanan vaksinasi COVID-19 bagi pelaku pariwisata tersebut dimaksudkan agar pelayanan vaksinasi bisa lebih fokus, seperti ketika pelayanan vaksinasi tahap awal.

"Saat awal pencanangan vaksinasi COVID-19, kita sudah mendapatkan kuota sekitar 300 bagi pelaku pariwisata baik itu karyawan hotel, restoran, agen perjalanan maupun pemandu wisata," katanya.

Dikatakan, jumlah pelaku pariwisata di Kota Mataram khusus perhotelan yaitu sekitar 800 orang dan dari jumlah itu yang sudah divaksin baru sekitar 20-30 persen.

"Karenanya, kita berharap dengan adanya posko vaksinasi, jumlah pelaku pariwisata yang menerima vaksin bisa lebih banyak," katanya.

Ditambahkan Denny, pemberian vaksin COVID-19 terhadap pelaku pariwisata menjadi salah prioritas sebab mereka juga merupakan pelayan publik sehingga rawan berpotensi terpapar karena berinteraksi dengan banyak orang.

Baca juga: Dinkes Mataram tutup 3 puskesmas karena nakes positif COVID-19
Baca juga: RSUD Mataram siagakan puluhan petugas sukseskan vaksinasi massal


Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mataram dr H Usman Hadi yang dikonfirmasi terkait kerja sama vaksinasi pelaku pariwisata mengatakan, pihaknya siap melayani baik melalui pelayanan statis maupun bergerak atau mobile.

"Silakan Dispar ajukan usul lokasi vaksinasi, kita siap layani dimana saja," katanya.

Menurut Usman, saat ini sebanyak 27 fasilitas kesehatan (faskes) di Kota Mataram sudah dibuka untuk memberikan layanan vaksinasi COVID-19 mulai usia 12 tahun ke atas.

"Pelayanan vaksinasi di 27 faskes se-Kota Mataram gratis selama jenis vaksin yang diberikan Sinovac dan AstraZeneca," katanya.

Baca juga: Peserta uji SIM dapat vaksin AstraZeneca gratis di Polresta Mataram
Baca juga: Satgas: Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 Mataram naik signifikan

#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3m
#vaksinmelindungikitasemua

Pewarta : Nirkomala
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar