Badung (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) I Gusti Ngurah Rai, Bali, melaksanakan program vaksinasi COVID-19 kepada anak-anak dengan usia 12-17 tahun sebagai upaya percepatan program vaksinasi COVID-19 untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

"Pemerintah terus gencar berupaya untuk menekan angka positif kasus COVID-19, kami mendukung upaya itu salah satunya dengan melakukan vaksinasi kepada kelompok anak usia 12 hingga 17 tahun," ujar Kepala Kesehatan (Kakes) Lanud I Gusti Ngurah Rai, Lettu Kes Toni di Klinik Lanud I Gusti Ngurah Rai, Kuta, Kabupaten Badung, Selasa.

Ia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tersebut mengacu pada Surat Edaran Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan yang mengatur tentang vaksinasi tahap ketiga bagi masyarakat rentan dan umum serta bagi anak usia 12-17 tahun.

"Untuk jenis vaksin yang kami gunakan pada program ini adalah vaksin Sinovac yang dapat digunakan bagi kelompok usia 12-17 tahun," katanya.

Toni menjelaskan, pada pelaksanaannya, anak usia 12-17 tahun harus melewati tahapan yang sama dengan pelaksanaan vaksinasi terhadap usia lainnya mulai dari proses pendataan, skrinning, penyuntikan vaksin sampai dengan tahap observasi.

Baca juga: Gianyar mulai vaksinasi COVID-19 usia anak dan remaja

Baca juga: Anies: orang tua boleh ajak anak ikut divaksin di puskesmas


"Bedanya untuk administrasi vaksin pada kelompok usia 12-17 tahun ini, calon penerima vaksin hanya perlu mencantumkan NIK yang ada di dalam kartu keluarga," ujarnya.

Pada hari pertama pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk anak, pihaknya menyasar sekitar 90 orang penerima vaksin dari anak-anak yang berdomisili di sekitar Kompleks TNI AU I Gusti Ngurah Rai dan siswa-siswi SMA Pradita asal Provinsi Bali.

"Ke depannya kami di Kesehatan Lanud I Gusti Ngurah Rai akan terus melaksanakan vaksinasi baik kepada remaja maupun orang dewasa, hal ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam mencapai kekebalan kelompok," kata Toni.

Sebelumnya, Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali, juga telah mendukung serbuan vaksinasi COVID-19 serentak yang diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo dengan melakukan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat.

Program vaksinasi COVID-19 tersebut dilakukan terhadap seluruh masyarakat Bali, khususnya masyarakat yang berada di sekitar Lanud I Gusti Ngurah Rai.

Baca juga: DKI siapkan 300 sentra vaksinasi untuk warga usia di atas 12 tahun

Baca juga: Satgas COVID-19 Bangka: 513 anak sudah divaksinasi

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021