Jakarta (ANTARA) - IndiHome, layanan fixed broadband milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memperluas jangkauan platform game berbasis komputasi awan (cloud computing) bernama GameQoo, yang sebelumnya hanya diakses di Pulau Jawa, Bali dan Madura, kini sudah bisa dinikmati di seluruh Indonesia.

"Platform GameQoo memiliki kelebihan di antaranya tidak butuh koneksi yang besar untuk menikmati game yang ada dengan lancar, karena dengan mempunyai koneksi internet IndiHome stabil berkecepatan sekitar 20 Mbps sudah lebih dari cukup. Hematnya lagi, tidak memakan memori karena semua progress game sudah tersimpan di cloud," kata E. Kurniawan, VP Management Marketing Telkom dalam siaran pers dikutip Rabu.

Untuk menikmati game berkualitas GameQoo, pelanggan cukup berbekal Set Top Box (STB) IndiHome yang bisa dimainkan hingga empat pemain dalam satu perangkat. Untuk akses di TV, cukup unduh aplikasi GameQoo di Usee App Store dari STB IndiHome TV kemudian klik berlangganan dan mainkan.

Baca juga: Telkom buka peluang bisnis agen digital Sobat IndiHome bagi masyarakat

Baca juga: 149 desa di Aceh belum terakses internet


Sedangkan untuk akses di PC, cukup membuka website gameqoo.id, lalu daftar dengan akun "my IndiHome", kemudian install driver dan berlangganan. Rasakan dan nikmati cara baru bermain game berkualitas di TV dan PC melalui GameQoo cloud gaming dengan mudah dan murah.

Agar permainan di GameQoo lebih mengesankan, dengan menambahkan gamepad, pengguna tidak perlu menginstall game untuk bermain game di TV atau PC mereka. Selain itu, server yang digunakan GameQoo berada di Indonesia, sehingga pengguna cukup mengakses game layaknya sedang streaming TV dengan latensi yang rendah dan responsif.

Di tahap awal, GameQoo menyediakan lebih dari 100 judul game populer publisher game ternama dunia. Seperti Disney, Codemaster, Plug In Digital yang telah melahirkan game AAA berkualitas. Game ini akan terus bertambah setiap bulannya, dan masih akan ada segudang update game lainnya yang hadir.

Pelanggan IndiHome bisa menikmati layanan cloud gaming GameQoo dengan harga yang cukup terjangkau Rp99 ribu per bulan. Selama masa perkenalan, GameQoo memberikan promo berlangganan, pengguna baru bisa menikmati 1 bulan untuk akses GameQoo secara gratis.

Dengan modal subscription GameQoo yang aktif ini, pengalaman gaming jadi lebih mudah tanpa harus merakit PC gaming dengan 100 lebih game-nya. Biaya yang dikeluarkan juga lebih murah, tanpa harus mengeluarkan sekitar Rp15 juta dahulu untuk bisa bermain game.

"Selain memberikan kemudahan dalam bermain, untuk semua proses pengolahan grafis game ada di server. Jadi, pelanggan bisa bermain game menggunakan jenis TV dan perangkat apapun melalui web browser, juga dapat memainkan game di GameQoo tanpa harus mengorbankan kualitas grafis," kata Kurniawan.

Saat ini para produsen konsol dunia sedang mengembangkan strategi game-nya ke arah cloud.

Jadi tidak menutup kemungkinan di masa depan konsol dan perangkat fisik tersebut akan ditinggalkan dan berpindah ke cloud gaming. GameQoo menjadi solusi bagi para gamer sekaligus produsen game untuk mengembangkan inovasinya bersama IndiHome.

Baca juga: Facebook luncurkan cloud gaming untuk Apple

Baca juga: Game Champion Island tersedia gratis di Google Doodle

Baca juga: Merajut Nusantara dari Industri Game


 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021