Mendag harap kampanye Bersatu untuk Indonesia bantu pulihkan ekonomi

id Grab Indonesia,Menteri Perdagangan,Bersatu untuk Indonesia,Pandemi COVID-19,Galang dana

Mendag harap kampanye Bersatu untuk Indonesia bantu pulihkan ekonomi

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. ANTARA/HO-Biro Humas Kemendag/am.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi berharap kampanye Bersatu untuk Indonesia dapat menggeliatkan kembali sektor perdagangan dan membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional

"Semoga hal ini dapat memacu kembali sektor perdagangan dalam negeri dan dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional," ujar Lutfi dalam jumpa pers virtual, Senin.

Bersatu untuk Indonesia merupakan kampanye yang digagas Grab Indonesia bersama 23 merek nasional, bertujuan membantu penanganan pandemi COVID-19 di Tanah Air melalui penggalangan donasi.

Baca juga: Mendag bertekad tingkatkan nilai perdagangan RI dengan Inggris

Lutfi mengapresiasi kampanye tersebut. Menurut dia, di situasi pandemi seperti sekarang, gerakan semacam itu dapat menjadi contoh semangat gotong royong dan kerja sama yang baik antar masyarakat.

Hal itu, kata dia, juga menjadi momentum dalam menyambut Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia.

Menteri Lutfi berharap Grab Indonesia dapat menggaet mitra yang lebih luas, yakni berkolaborasi dengan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Saya harap Grab Indonesia ke depannya juga dapat berkolaborasi lebih banyak dengan para UMKM Indonesia agar mereka dapat menjadi juara di Indonesia dan juara secara regional di pasar digital," ucap Lutfi.

Merek-merek yang tergabung dalam kampanye tersebut di antaranya Emtek Group, Ovo, Hokben, Aqua, Kopi Kenangan, Mayora, Lifebuoy, Bakmi GM, Solaria, Bukalapak, Ngikan, Martabak Pecenongan 78, Accenture, Microsoft, Indosat Ooredoo, Herbamuno+, dan Indomaret.

Baca juga: Grab galang donasi bantu penanganan COVID-19

Pada tahap awal, Grab bersama lima merek yakni Emtek, Accenture, Ovo, Microsoft, dan Indosat Ooredo akan berdonasi sebesar Rp11 miliar kepada para pejuang pandemi COVID-19.

Selanjutnya, Grab akan mengumpulkan donasi dari pengguna melalui kode promo "BERSATU". Grab akan mendonasikan Rp5.000 setiap satu kode yang digunakan.

Program tersebut telah dimulai sejak 23 Juli dan akan berlangsung hingga 30 Agustus 2021. Hasil donasi akan disalurkan melalui platform donasi Benih Baik.

"Kami memiliki target donasi sebesar Rp1 miliar dan donasi ini akan kami tambahkan dengan donasi Grab dan partner sebelumnya yang bernilai Rp11 miliar," ujar Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi.

Neneng mengatakan keseluruhan hasil penggalangan dana akan didonasikan kepada para pejuang pandemi COVID-19, termasuk fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas, tenaga kesehatan, masyarakat dan anak-anak yang terpapar COVID-19, serta pedagang kecil yang terkena dampak pandemi.

Baca juga: Menkop UKM harap kerja sama Grab-Emtek berdampak baik untuk UMKM

Baca juga: Menko Airlangga: Perlu sinergi dorong pengembangan ekonomi digital

Pewarta : Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar