Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan Almarhum Gubernur DKI Jakarta periode 1992-1997 Soerjadi Soedirdja merupakan sosok yang disiplin dan pekerja keras.

Baca juga: Mendiang Soerjadi Soedirdja sosok sederhana dan bijaksana

Di mata Anies, almarhum dikenal sebagai tokoh yang kerja tuntas dan selalu menjalin silaturahmi dengan para tokoh dan masyarakat.

"Almarhum dikenal juga selalu silaturahmi dengan tokoh-tokoh, selalu terjaga dan, banyak menyapa masyarakat", kata Anies saat mengunjungi rumah duka di Jakarta Selatan, Selasa.

Anies mengakui banyak terobosan yang diukir almarhum selama menjabat sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta itu.

"Beliau, salah satu terobosan yang masih kita rasakan sampai sekarang adalah banyaknya jalan-jalan satu arah dimulai ketika masa kepemimpinan beliau," tutur Anies.

Anies turut mendoakan keluarga yang ditinggalkan agar diberikan kekuatan dan almarhum di tempatkan di sisi Yang Maha Kuasa.

Baca juga: Soerjadi Soedirdja wafat

"Semoga pahalanya ditinggikan, derajatnya di sisi Allah dan keluarga diberikan kekuatan dan ketabahan dalam melewati masa ini," katanya.

Soerjadi wafat di RS Mayapada Jakarta pada Selasa sekitar pukul 10.35 WIB, dikarenakan sakit. Jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka, Jalan MPR 2 Nomor 8 A Gaharu, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Selain pernah menjabat Gubernur DKI, Ia merupakan Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah era kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid pada 1999-2001.

Soerjadi juga pernah jadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Sosial dan Keamanan pada 2000, yang diemban hanya beberapa bulan.

Rencananya jenazah almarhum akan dimakamkan sekitar pukul 16.00 WIB di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan

Baca juga: Anies doakan mantan Gubernur DKI Surjadi Soedirdja

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021