Dengan masih naiknya kasus selama kurang lebih tiga pekan terakhir, maka perlu antisipasi dan kesiapan dari seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di daerahnya masing-masing.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengemukakan sebanyak tiga wilayah di luar Pulau Jawa-Bali mengalami tren kenaikan kasus positif dalam tiga pekan terakhir.

"Provinsi tersebut didominasi dari Pulau Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi," kata Wiku Adisasmito saat menyampaikan laporan perkembangan penanganan COVID-19 yang dipantau secara virtual dari YouTube BNPB, Selasa sore.

Menurut Wiku, hampir semua provinsi di Sumatera masih menunjukkan kenaikan kasus selama tiga pekan terakhir, kecuali Kepulauan Riau yang telah menunjukkan penurunan kasus.

Sedangkan di Kalimantan, kata Wiku, seluruh provinsinya masih menunjukkan kenaikan kasus dalam tiga pekan berturut-turut kecuali Kalimantan Barat yang sempat mengalami penurunan angka kasus.

Baca juga: Satgas: PPKM wadahi kebijakan berbagai negara tanggulangi COVID-19

Baca juga: Satgas COVID-19: pasien gejala sedang dan berat jangan isoman


"Selain itu, di pulau Sulawesi seluruh provinsinya juga menunjukkan kenaikan selama tiga pekan, kecuali Sulawesi Tenggara dan Gorontalo yang sempat mengalami penurunan," katanya.

Sedangkan Yogyakarta menjadi satu-satunya daerah di Pulau Jawa yang masih menunjukkan kenaikan kasus positif selama dua pekan terakhir.

Menurut Wiku, kenaikan kasus yang belum juga dapat ditekan pada sebagian besar wilayah tersebut perlu menjadi perhatian. "Kenaikan ini juga bisa terjadi karena pemerintah daerah dan masyarakatnya lengah dan menganggap daerahnya baik-baik saja hanya karena tidak menerapkan PPKM level 4," katanya.

Wiku mengimbau kepada seluruh pemerintah daerah dan masyarakat dari provinsi tersebut untuk segera melakukan persiapan menghadapi kenaikan kasus COVID-19.

"Dengan masih naiknya kasus selama kurang lebih tiga pekan terakhir, maka perlu antisipasi dan kesiapan dari seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di daerahnya masing-masing," ujarnya.*

Baca juga: Satgas dorong perbanyak pembentukan posko COVID-19 tingkat desa

Baca juga: Satgas COVID-19 catat penurunan kasus mingguan Jawa-Bali 24 persen

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021