1.035 nakes Denpasar terima vaksinasi COVID-19 ketiga di RSUD Wangaya

id pemkot denpasar, RSUD Wangaya,vaksin,vaksinasi, COVID-19,nakes,moderna,sinovac

1.035 nakes Denpasar terima vaksinasi COVID-19 ketiga di RSUD Wangaya

Direktur Utama (Dirut) RSUD Wangaya Anak Agung Made Widiasa menjalani vaksinasi COVID-19 dosis ketiga di RSUD Wangaya, Denpasar, Bali, Selasa (3/8/2020). ANTARA/Nyoman Hendra/aa.

Denpasar (ANTARA) - Sebanyak 1.035 orang tenaga kesehatan (Nakes) Denpasar menerima vaksinasi COVID-19 dosis ketiga di RSUD Wangaya, Denpasar, sebagai booster bagi tenaga kesehatan.

"Untuk hari pertama, kami sasar 50 tenaga kesehatan yang memang tugas di ruang isolasi," kata Direktur Utama (Dirut) RSUD Wangaya Anak Agung Made Widiasa di Denpasar, Selasa.

Vaksinasi COVID-19 dosis ketiga sebagai booster bagi tenaga kesehatan itu menggunakan vaksin Moderna buatan Amerika Serikat tersebut dimulai tanggal 3 Agustus 2021 dan ditarget hingga 16 Agustus 2021.

Ia menambahkan pihaknya akan mengutamakan tenaga kesehatan yang bertugas di ruang isolasi atau menangani langsung pasien COVID-19.

Setelah pemberian vaksin dosis ketiga bagi tenaga kesehatan yang bertugas di ruang isolasi atau menangani langsung pasien COVID-19 itu barulah akan menyasar SDM tenaga kesehatan lainnya.

Vaksinasi dosis ketiga ini dilaksanakan karena dari penelitian para ahli diperlukan booster dengan menggunakan vaksin jenis Moderna terkait maraknya varian baru.

"Dari penelitian, vaksin Sinovac sudah cukup efektif, dan dari penelitian tersebut diperlukan tambahan vaksin untuk booster dan digunakan vaksin Moderna," katanya.

Baca juga: Menkes pastikan vaksinasi "booster" dengan vaksin Moderna untuk nakes
Baca juga: Kemenkes tegaskan vaksinasi "booster" hanya untuk nakes


Selain di RSUD Wangaya Denpasar, pelaksanaan vaksinasi ini juga digelar serentak di fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

Untuk Kota Denpasar, vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan tersebut menyasar 10.991 orang yang dilakukan di 40 fasilitas layanan kesehatan yang ada di Denpasar.

Prosesnya yakni untuk petugas yang bertugas di 40 fasilitas layanan kesehatan langsung menjalani vaksinasi di tempat tugas masing-masing.

Sementara bagi tenaga kesehatan yang bertugas di luar fasilitas layanan kesehatan tersebut mendaftar dan melakukan vaksinasi di fasilitas layanan kesehatan terdekat.

Proses vaksinasi pun sama dengan dosis pertama ataupun dosis kedua yang diawali dengan skrining atau pemeriksaan.

Adapun 40 fasilitas layanan kesehatan yang ada di Denpasar meliputi 11 Puskesmas yang tersebar di empat kecamatan, RSUD Wangaya, RSUP Sanglah, RSBM, RSAD, RS Bhayangkara, KKP Benoa, RSU Bhakti Rahayu, RSU Dharma Yadnya, RSIA Puri Bunda, RSU Surya Husadha Ubung, RSU Prima Medika, dan RSU Balimed.

Selanjutnya RSU Puri Raharja, RSU Bali Royal, RSU Surya Husadha Denpasar, RSU Manuaba, RSIA Pucuk Permata, RSU Kasih Ibu, RSIA Harapan Bunda, Klinik Sos Gatot Kaca, Klinik PT Kimia Farma Apotek, Klinik Bhayangkara Bali, Klinik Bhayangkara Sat Brimob Bali, Klinik Karya Prima, Klinik Bhayangkara Polresta Denpasar, Klinik FKTP Sudirman, Klinik FKTP Kepaon, Klinik Utama Niki Diagnostic Center, dan Klinik Utama Sidhi.

Baca juga: Guru Besar FKUI sebut dosis ketiga vaksin jadi harapan baru nakes
Baca juga: Vaksinasi dosis ketiga untuk nakes dimulai di RSCM
Baca juga: Satgas COVID-19 ingatkan masyarakat tak sembarang booster vaksin

 

Pewarta : Naufal Fikri Yusuf/Nyoman Hendra
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar