Padang, (ANTARA) - Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono memastikan penanganan pandemi COVID-19 yang dilakukan Polda Sumatera Barat berjalan cukup baik.

"Dalam kunjungan kerja ini kami ingin memastikan Polda Sumbar bersinergi dengan Pemprov Sumbar dan pemangku kepentingan lainnya menghadapi situasi pandemi," tutur Wakapolri di Padang, Rabu. Dirinya juga melihat upaya Polda Sumbar dalam menekan penyebaran COVID-19, apakah kasus pandemi ini masih tinggi atau mengalami penurunan. "Kita ingin semua bersama-sama menurunkan angka COVID-19," ucap dia.

Mulai dari tingkat kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian-nya.

"Kita ingin agar masyarakat patuhi 5 M dalam keseharian agar tidak terjadi penyebaran virus," ujarnya.

Baca juga: Wakapolri kunjungi Rumah Sehat COVID-19 di Padang

Baca juga: Wakapolri sebut penerapan PPKM sukses di Kota Medan
Selain itu program vaksinasi, Polda Sumbar telah berupaya membantu pemerintah daerah menyukseskan program ini.

"Program vaksinasi presisi terus berjalan di gerai yang telah disiapkan untuk meningkatkan kekebalan kelompok atau herd immunity," katanya. Pada hari kedua kunjungan di Kota Padang, Wakapolri membuka kegiatan bantuan sosial kepada masyarakat yang jumlahnya mencapai ribuan paket.

Paket tersebut dibawa oleh personel TNI-Polri menggunakan mobil dan motor untuk disalurkan kepada warga terdampak. Selain itu Wakapolri dan rombongan meninjau pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan di Mapolda Sumatera Barat. "Animo masyarakat cukup tinggi dan kita siapkan fasilitas untuk vaksinasi," tutur dia.

Baca juga: Anggota DPR minta Wakapolri pilih program prioritas tambahan anggaran

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021