Ratusan kader PKK Jakpus ikuti pelatihan budidaya sayuran

id ketahanan pangan,sayuran,KPKP,pertanian,urban farming,Budidaya sayuran

Ratusan kader PKK Jakpus ikuti pelatihan budidaya sayuran

Lahan kosong milik Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, yaitu Taman Kota Rawasari, Cempaka Putih, diolah menjadi lahan urban farming, Sabtu (24/11/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Sedikitnya 240 kader PKK tingkat kecamatan dan kelurahan se-Jakarta Pusat mengikuti pelatihan budidaya sayuran dan buah secara daring, Rabu.

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Tim Penggerak PKK Jakarta Pusat menggelar webinar kelas berkebun bertema "Sukses Tanam Sayuran Buah Di Rumah".

"Webinar kelas berkebun hari ini diikuti sebanyak 240 kader PKK dari delapan kecamatan serta kelurahan se-Jakarta Pusat," kata Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat Penty Yunesi di Jakarta, Rabu.

Penty mengatakan, webinar kelas berkebun yang digelar untuk kali kedua ini menyajikan sejumlah pelatihan budidaya tanaman sayuran buah di antaranya cabai, tomat dan terong serta penanganan hama penyakit.

Para kader PKK juga melakukan praktik penanaman sayuran dan buah mulai dari tahap penyemaian, pemindahan tanam ke lahan atau kantung polybag, mengingat lahan di pusat Jakarta yang terbatas.

Baca juga: Sudin LH Jakpus panen sayuran hidroponik
Baca juga: Tanah kosong milik Pemkot Jakpus direncanakan jadi pertanian perkotaan

Dalam pelatihan itu, Penty memaparkan budidaya tanaman sayuran dan buah membutuhkan waktu sekitar 21 hingga 30 hari sebelum dapat dipanen.

"Sebelumnya, kami juga telah mendistribusikan bibit tanaman sayuran buah dan daun kepada peserta pelatihan saat digelar webinar kelas berkebun tahap pertama," kata Penty.

Ketua TP PKK Kota Jakarta Pusat Ucu Jamilah Dhany menambahkan, pihaknya mengapresiasi Sudin KPKP Jakarta Pusat yang menggelar pelatihan berkebun kepada kader PKK kelurahan dan kecamatan.

Menurut Ucu, pelatihan berkebun dapat memenuhi konsumsi pangan rumah tangga secara mandiri di tengah pandemi.

"Setelah mengikuti pelatihan ini, harapannya kader PKK Jakarta Pusat dapat mempraktikkan dan menghasilkan tanaman sayuran buah guna memenuhi kebutuhan sehari hari dan meningkatkan kesejahteraan," kata dia.
 

Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar