Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Jakarta Selatan, menambah kapasitas tempat tidur untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pasien kasus COVID-19.

"RS Fatmawati menambah kapasitas tempat tidur yang semula 350 menjadi 500 tempat tidur. Dan ini kita sudah siapkan sejak jauh hari apabila terjadi eskalasi pasien COVID-19," kata Kepala Sub Koordinator Hubungan Masyarakat RSUP Fatmawati, Atom Kadam saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Selain menyiapkan tempat tidur, pihaknya juga memastikan ketersediaan pasokan oksigen dan alat kesehatan lainnya apabila terjadi lonjakan kasus.

"Kita memang mendapat bantuan dari Kementerian Kesehatan untuk pemenuhan sarana dan prasarana dan saat ini semuanya terdistribusi dengan baik", katanya.

Atom mengatakan, pihaknya juga mendapat bantuan tenaga relawan kesehatan khusus menangani pasien COVID.

Baca juga: Kemenkes konversikan 3 rumah sakit jadi RS khusus penanganan COVID-19
Baca juga: RSUP Fatmawati bantah informasi soal penutupan sementara pelayanan


Namun demikian, Atom tak merinci jumlah tenaga relawan yang bertugas di rumah sakit khusus COVID tersebut. "Untuk saat ini kita punya 1.600 tenaga kesehatan. Dan sekitar 1.200 itu menangani pasien COVID, itu termasuk para relawan tadi," ujar Atom.

Menurut dia, pasien COVID-19 di RSUP Fatmawati terus mengalami penurunan. Penurunan itu telah berlangsung sejak 16 Juli lalu pada saat pemberlakuan PPKM.

Kendati demikian, pihaknya terus menyiapkan berbagai fasilitas kesehatan sehingga bila terjadi lonjakan kasus, semua tenaga kesehatan sudah siap menghadapinya.

"Data terakhir kemarin, pasien COVID ada 232 yang masih menjalani perawatan. Kami juga sudah siapkan ruangan IGD sebagai tempat khusus untuk COVID," ujarnya.


#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021