Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 85.000 warga Jakarta Barat mengikuti program "Vaksin Merdeka" di hari kelima pelaksanaan kegiatan tersebut pada Jumat.

"Saat ini hari kelima sudah sampai 85 ribu," ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Komisaris Besar Polisi Ady Wibowo.

Di hari pertama pelaksanaan program "Vaksin Massal", sebanyak 11.500 warga mengikuti program vaksinasi massal tersebut. Di hari kedua jumlah peserta meningkat pesat hingga mencapai angka 85.000 orang.

"Tanggal 1 Agustus capaian kita 11.500 dalam satu hari di delapan kecamatan. Kemudian di hari kedua kemarin ada sekitar 17.700, ada peningkatan," kata dia.

Dia mengapresiasi antusiasme warga dalam mengikuti program vaksinasi massal yang digelar Polda Metro Jaya itu.

Ady tetap berharap masyarakat yang lain mengikuti program "Vaksin Merdeka" tersebut agar angka penyebaran COVID-19 di wilayahnya menurun.

Baca juga: Pemkot Jakbar imbau seluruh karyawan perusahaan ikut vaksinasi
Baca juga: Berkat PPKM, kasus positif COVID-19 di Jakarta Barat turun


Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyebutkan sebanyak 209 rukun warga (RW) di Jakarta Barat menjadi perhatian untuk pelaksanaan "Vaksin Merdeka" karena menunjukkan tingkat pencapaian vaksinasi yang rendah.

Untuk mengatasi pencapaian vaksinasi yang rendah pada 209 RW di Jakarta Barat itu, Fadil menempatkan gerai vaksin di semua RW agar masyarakat tergerak mengikuti vaksin untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity).

"Artinya ada 209 titik kami laksanakan vaksin. Kami harap semangat kemerdekaan jadi momentum kita untuk gerak bersama-sama," kata Fadil saat ditemui di lokasi gerai "Vaksinasi Merdeka" Yayasan Tarbiyah Islamiah Al-Alawiyah, Kembangan, Jakarta Barat, Rabu

Fadil sempat memantau gerai vaksinasi dan mengaku senang lantaran banyak warga yang datang untuk mengikuti program tersebut.

"Contohnya di RW 06 ada 960 belum divaksin dan sudah mendaftar, di satunya ada 790 kalau ditambah ada 1.600 lebih," ujar Fadil

Dengan adanya program ini, Fadil berharap seluruh warga DKI Jakarta sudah divaksinasi hingga 17 Agustus mendatang

#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua

Baca juga: Kecamatan Kembangan terbanyak kasus COVID-19 di Jakbar

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021