Startup Studio Indonesia "batch" 2 masuki tahap akhir

id Startup Studio Indonesia,Perusahaan rintisan,Kominfo,Milestone Day

Startup Studio Indonesia

Tangkapan layar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan dalam acara virtual, Jumat (6/8/2021) (ANTARA/HO-Kemenkominfo)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan bahwa program inkubasi intensif Startup Studio Indonesia batch 2 telah memasuki tahap akhir yakni Milestone Day.

"Setelah melalui rangkaian program, kini batch kedua telah mencapai tahapan akhir yaitu Milestone Day, di mana 15 startup akan memaparkan bisnis dan capaiannya selama mengikuti Startup Studio Indonesia," ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, dalam acara virtual, Jumat.

Startup Studio Indonesia merupakan program inkubasi intensif yang diinisiasi oleh Kominfo untuk memberdayakan para startup pemula, berfokus pada iterasi penyempurnaan produk dan model bisnis, serta retensi pelanggan awal sebelum masuk tahap perluasan pasar.

Baca juga: Pemerintah terbuka dengan berbagai inovasi dan subsektor "startup"

Startup Studio Indonesia batch 2 telah dimulai sejak Mei 2021. Semuel mengatakan dalam kurun waktu sekitar 70 hari, pihaknya telah memfasilitasi 360 sesi pelatihan dengan 67 praktisi yang berasal dari pendiri maupun tim produk startup di Tanah Air.

Startup Studio Indonesia dihadirkan untuk memperkuat dan melengkapi program pemberdayaan startup digital yang diinisiasi Kominfo, yakni Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dan Hub.id.

Melalui Startup Studio Indonesia, Kominfo berupaya membantu mengembangkan skala bisnis para startup pemula, mulai dari segi jumlah pengguna, jumlah pendapatan, penyerapan tenaga kerja, hingga pendanaan dari modal ventura.

Semuel mengatakan lewat Startup Studio Indonesia akan terbangun semangat kolaborasi antarpelaku startup untuk bersama-sama membangun ekosistem digital melalui transfer pengetahuan, pembangunan karakter, dan kompetensi startup yang berdaya saing tinggi.

Baca juga: 34 peserta berlaga di Demo Day Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

"Target kami untuk program Startup Studio Indonesia ini adalah mencetak 150 startup berkualitas hingga tahun 2024. Semenjak program ini dijalankan minat terhadap program ini semakin meningkat. Dari sekitar 2.000 pendaftar, kami harus menyeleksi secara ketat. Startup Studio Indonesia kini telah membina 35 startup digital," kata dia.

Mengusung tema “More Brainstorming, Less Classes”, 15 pendiri startup pemula terpilih mengikuti serangkaian kegiatan pelatihan dan mentoring, yaitu Founder’s Camp dan pelatihan satu per satu oleh lebih dari 60 pendiri dan praktisi startup aktif terkemuka dari berbagai sektor bisnis.

Pada acara Milestone Day, tiap startup berkesempatan mempresentasikan bisnis dan pencapaiannya selama tiga bulan terakhir kepada para pemangku
kepentingan seperti lembaga pemerintah, modal ventura, korporasi terkemuka, dan media.

Para startup juga berkesempatan untuk membangun jejaring serta mengeksplor berbagai bentuk kolaborasi dengan para pemangku kepentingan.

"Saya mengajak kepada seluruh founder startup untuk bergabung dalam program Startup Studio Indonesia batch ketiga yang saat ini telah dibuka pendaftarannya," ucap Semuel.

Baca juga: Pengembangan startup tetap jadi fokus Kominfo

Baca juga: Kominfo buka Startup Studio Indonesia gelombang tiga

Baca juga: Kominfo: Startup berkontribusi terhadap ekonomi digital

Pewarta : Fathur Rochman
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar