Jakarta (ANTARA) - Kontingen China masih memimpin klasemen perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020 dan menjaga jarak keunggulan lima keping medali emas atas Amerika Serikat selepas rangkaian kompetisi hari Jumat.

Sepanjang Jumat, kedua negara sama-sama memetik dua medali emas. China melalui tim beregu putra tenis meja mereka dan Liu Shiying di lempar lembing putri, sedangkan AS melalui pegulat Gable Dan Steveson di nomor gaya bebas 125kg putra serta pasangan April Ross/Alix Klineman di voli pantai putri.

China tetap di puncak klasemen perolehan medali dengan 36 emas, 26 perak dan 17 perunggu, dibayangi AS yang mengumpulkan 31 emas, 36 perak dan 31 perunggu di posisi kedua.

Baca juga: Rebut emas beregu putra, China kukuhkan dominasi tenis meja
Baca juga: Jepang dapatkan emas karate dari Kiyuna yang rajai kata putra


Tuan rumah Jepang yang berada di posisi ketiga juga menambah dua medali emas pada Jumat, dan kini mengoleksi 24 emas, 11 perak dan 16 perunggu.

Italia, yang jadi peraup medali emas terbanyak pada Jumat dengan tiga keping tambahan, melompat naik dari urutan kesembilan ke posisi ketujuh dengan 10 emas, 10 perak dan 18 perunggu.

Kontingen Indonesia yang sudah tak lagi bertanding turun lagi di klasemen perolehan medali, ke peringkat ke-49, dengan raihan satu emas, satu perak dan tiga perunggu.

Baca juga: Faith Kipyegon rebut emas 1.500 meter putri Tokyo 2020
Baca juga: Ringkasan medali Olimpiade Jumat 6 Agustus, Italia sabet tiga emas

Berikut 10 besar klasemen perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020 hingga Jumat, seturut laman resmi kompetisi:


Baca juga: Si kembar dari Rusia puncaki final senam ritmik Olimpiade
Baca juga: Janja Garnbret sabet emas panjat tebing putri Olimpiade Tokyo
Baca juga: Belanda sabet emas sprint putra balap sepeda trek Olimpiade Tokyo

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021