Capaian ini bukan semata-mata jerih payah kami, namun seluruh ground staff, petugas imigrasi, ritel hingga kru keamanan
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan apresiasi kepada seluruh staf Bandara Soekarno-Hatta yang berada di garis depan (frontliner), atas dedikasinya mengantarkan Bandara Soetta meraih penghargaan internasional Skytrax World Airport Awards 2021 sebagai peringkat 10 kategori World’s Best Staff Airport 2021.

"Dengan penuh rasa syukur pada hari ini saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pejuang frontliner di Bandara Soekarno Hatta," ujar Erick Thohir seperti dikutip dari akun resmi Instagram @erickthohir di Jakarta, Rabu.

Menurut Menteri BUMN, berkat dedikasi dan pelayanan yang luar biasa pada tahun ini, Bandara Soekarno-Hatta berhasil masuk ke dalam jajaran bandara dunia dengan penerapan protokol kesehatan terbaik selama pandemi. Sekaligus tercatat sebagai penerima penghargaan 10 besar staf bandara terbaik di dunia.

"Capaian ini bukan semata-mata jerih payah kami, namun seluruh ground staff, petugas imigrasi, ritel hingga kru keamanan. Terima kasih dan berbanggalah, karena Indonesia bangga memiliki Anda semua," kata Erick Thohir.

Erick berharap pencapaian yang diraih ini dapat menjadi penyemangat dan pemacu untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Terima kasih untuk kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntasnya. Saya ingin selalu pastikan, ikhtiar terbaik dari BUMN untuk Indonesia. Mohon doa & dukungannya selalu," ujarnya.

Sebelumnya Bandara Soekarno-Hatta meraih penghargaan dari Skytrax World Airport Awards 2021 sebagai peringkat 10 kategori World’s Best Staff Airport 2021.
Penghargaan ini diberikan sejalan dengan kualitas staf frontliner di bandara mencakup perilaku, keramahan, dan efisiensi, dalam melayani pelanggan.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan inovasi juga dihadirkan dalam layanan kepada pelanggan di Bandara Soekarno-Hatta, seperti adanya personel digital officer with digital device, Video Customer Assistant (VICA), dan concierge express.

Muhammad Awaluddin mengatakan layanan customer service di Bandara Soekarno-Hatta juga didukung dengan aplikasi iPerform yang digunakan oleh internal AP II.

Melalui iPerform berbagai layanan yang berdampak pada kepuasan pelanggan dapat dipantau seperti misalnya layanan bagasi, utilisasi konter check-in, hingga penggunaan parking stand untuk memperlancar kedatangan dan keberangkatan penumpang pesawat.

Skytrax World Airport Awards 2021 merupakan ajang bergengsi kelas dunia yang memberikan penghargaan bagi bandara-bandara terbaik di dunia berdasarkan survei dengan responden yang terlibat berasal lebih dari 100 negara.

Baca juga: Sandiaga tinjau vaksinasi di bandara Soetta
Baca juga: Prosedur kedatangan internasional di Soetta perlu ditiru bandara lain
Baca juga: Kapolri minta prokes di Bandara Soetta diperketat

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021