Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) memberikan promo untuk berbagai layanan premium di Bandara Soekarno-Hatta dalam rangka menyambut HUT ke-37 Perseroan pada 13 Agustus 2021.

VP of Corporate Communications AP II Yado Yarismano mengatakan promo yang ditawarkan adalah layanan premium Joumpa Airport VIP Service, layanan lounge first class Saphire Precious, dan tarif menginap di hotel bintang 4 pertama yang terletak di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yakni Anara Airport Hotel.

“Anara Airport Hotel yang dikelola anak usaha AP II yakni PT Angkasa Pura Properti dibuka pada awal tahun ini, dilengkapi dengan 5 tipe kamar yakni Deluxe Room, Deluxe Difabel Room, Junior Suite, Executive Suite, dan Deluxe Suite,” kata Yado Yarismano dalam keterangannya, Jumat.

Yado mengatakan, sepanjang Agustus 2021, penumpang pesawat dan pengunjung bandara bisa mendapatkan tarif promo menginap di Anara Airport Hotel hanya dengan Rp370.000 nett/malam atau jauh lebih rendah dari harga normal Rp788.000 nett/malam untuk kamar deluxe.

Kata dia, apabila ingin mendapatkan tarif promo tersebut, pelanggan dapat menghubungi Anara Airport Hotel terlebih dahulu melalui nomor telepon yang tertera di situs hotel. Adapun dengan tarif promo tersebut, layanan yang diberikan antara lain menginap di kamar deluxe, sarapan untuk 2 orang, dan late check out hingga pukul 14.00 WIB.

“Hotel ini merupakan bagian dari upaya AP II melakukan diversifikasi usaha yang mendukung bisnis utama dan sebagai upaya perseroan meningkatkan pendapatan dari bisnis non-aeronautika,” ujarnya.

Bisnis aeronautika antara lain Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara/PJP2U, Pelayanan Jasa Pendaratan Penempatan dan Penyimpangan Pesawat Udara/PJP4U, dan lain sebagainya.

Sementara itu, bisnis non-aeronautika antara lain ground handling, properti, kargo, periklanan, dan sebagainya,

“AP II telah mampu menyeimbangkan kontribusi pendapatan bisnis aeronautika dan non-aeronautika, seperti yang dilakukan operator bandara kelas dunia lainnya sehingga tidak hanya bergantung dari lalu lintas penerbangan saja,” katanya.

Sementara itu, promo lainnya ada pada layanan Joumpa Airport VIP Services yang disediakan oleh PT Gapura Angkasa selaku anak usaha AP II.

Pelanggan bisa mendapatkan layanan Joumpa Airport VIP Service dengan tarif promo Rp170.370 nett sepanjang Agustus 2021 untuk asistensi keberangkatan dan kedatangan domestik meliputi antara lain asistensi check-in, jalur cepat (fast track), penanganan bagasi kabin, hingga asistensi menuju boarding gate atau transportasi darat.

“Dengan layanan Joumpa Airport VIP Services, pelanggan dapat menemui petugas pribadi di Bandara Soekarno-Hatta untuk mendapatkan pendampingan atau asistensi terkait layanan bandara,” tambahnya.

Promo berikutnya dalam menyambut HUT AP II ke-37 adalah layanan first class Saphire Precious lounge yang bisa didapatkan pelanggan dengan tarif hanya Rp237.000 per orang pada Agustus 2021. Harga normal lounge ini adalah Rp999.000 per orang, dan pada September - Desember 2021 tersedia tarif promo Rp699.000 per orang.

Saphire Precious Lounge berada di ex-VIP Lounge Terminal 1B yang sudah dialihfungsikan, karena VIP Lounge Bandara Soekarno-Hatta yang dikhususkan untuk tamu-tamu kenegaraan dan presiden negara-negara sahabat kini menempati gedung baru di kawasan Terminal 3.

Sejumlah layanan di Saphire Precious Lounge untuk keberangkatan adalah Private Lane untuk masuk ke kawasan lounge, lalu check-in & baggage handling, dedicated personal assistant, private boarding dengan dilakukan pemeriksaan penumpang dan bagasi kabin dilakukan di security check point 2 (SCP 2) yang ada di lounge, serta Airside Transfer to Aircraft di mana penumpang langsung diantar dari sisi udara ke pesawat menggunakan kendaraan khusus.

Sementara untuk layanan Saphire Precious untuk kedatangan adalah Private Lane untuk kendaraan penjemput dapat masuk ke kawasan lounge, personal assistant untuk mengambil bagasi, kemudian Airside Transfer From Aircraft di mana penumpang akan diantar dari pesawat ke lounge.

Fasilitas di Saphire Precious Lounge antara lain executive lounge, meeting room, dining room, praying room, toilet, WiFi, flight information display system, co-working desk, dan lain sebagainya.

Layanan Saphire Precious Lounge ini juga merupakan upaya perseroan dalam melakuan optimalisasi aset di Bandara Soekarno-Hatta.

“Melalui layanan ini, penumpang pesawat bisa langsung ke Saphire Precious Lounge di Terminal 1B untuk memproses keberangkatan untuk nanti diantar ke pesawat. Begitu juga untuk kedatangan, penumpang akan diantar ke Saphire Precious Lounge untuk memproses kedatangan,” ujarnya.

Sementara itu, promo juga diberikan untuk layanan Saphire Precious Plaza di T3 Internasional, dari harga normal Rp605.000 per orang/2 jam menjadi Rp376.000 per orang/2 jam.

Yado Yarismano menambahkan bahwa seluruh layanan premium di Bandara Soekarno-Hatta juga tunduk pada regulasi atau persyaratan pelaku perjalanan dalam negeri di tengah pandemi ini, seperti kewajiban menunjukkan surat vaksinasi dan surat keterangan tes COVID-19 sesuai yang dipersyaratkan pemerintah.

“Harus diingat juga bahwa perjalanan yang dilakukan saat ini hanya untuk keperluan mendesak saja,” pungkasnya.


Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta raih penghargaan Airport Excellence Awards

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta raih World's Best Staff Airport 2021

Baca juga: Satgas Udara-AP II tetapkan prosedur baru bagi penumpang internasional


 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021