Surakarta fokus vaksinasi COVID-19 ibu hamil dan anak di atas 12 tahun

id Pemkot Surakarta, vaksin,vaksin covid,vaksin corona,vaksin covid-19,vaksinasi

Surakarta fokus vaksinasi COVID-19 ibu hamil dan anak di atas 12 tahun

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat meninjau kegiatan vaksinasi di Balai Muhammadiyah Surakarta, Jumat (13/8/2021). ANTARA/Aris Wasita

Solo (ANTARA) - Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, untuk saat ini fokus melakukan vaksinasi COVID-19 untuk ibu hamil, ibu menyusui dan anak di atas 12 tahun.

"Untuk vaksin yang digunakan Sinovac semua," kata Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jumat.

Ia mengatakan untuk saat ini capaian vaksin di Kota Solo sudah mencapai 75,03 persen. Menurut dia, capaian tersebut cukup tinggi dan akan terus dikejar demi memenuhi imunitas kelompok.

Baca juga: Pemkot Surakarta ajukan permintaan 50.000 dosis vaksin

"Antusiasme warga juga masih tinggi," katanya.

Terkait kegiatan vaksin, pihaknya mengapresiasi sejumlah pihak yang sudah terlibat dalam penyelenggaraan program tersebut, termasuk ormas Muhammadiyah.

"Ini tadi juga ada kegiatan vaksin di Balai Muhammadiyah. Selain itu ada di RS PKU Sampangan dan RSGM Soelastri. Muhammadiyah partisipasinya luar biasa, ada (menyediakan) dapur umum, vaksinasi, pemulasaran, pemakaman, sudah terlibat semua," katanya.

Baca juga: Pemkot Surakarta akui ratusan ASN terpapar COVID-19

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan vaksinasi COVID-19 di wilayah Soloraya selesai pada bulan September 2021.

Ia mengatakan untuk ketersediaan vaksinasi sejauh ini tidak ada masalah. Menurut dia stok vaksin untuk seluruh Indonesia mencapai 70 juta dosis.

Selanjutnya, jika capaian vaksin sudah sesuai target maka daerah aglomerasi di Soloraya akan dilonggarkan secara bertahap.

Baca juga: Surakarta maksimalkan isolasi terpusat untuk penyembuhan COVID-19

Pewarta : Aris Wasita
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar