Kemarin, Presiden lepas ekspor pertanian hingga Kadin ingin PPKM turun

id Presiden Jokowi,ekspor pertanian,Kadin,PPKM, Menteri Perdagangan,ekspor mobil,Nilai Tukar Petani

Kemarin, Presiden lepas ekspor pertanian hingga Kadin ingin PPKM turun

Presiden Joko Widodo melepas "Ekspor Merdeka Pertanian" dari 17 pelabuhan udara dan laut melalui "video conference" dari Istana Kepresiden Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/8/2021). ANTARA/HO-Biro Pres Setpres/Muchlis Jr.

Jakarta (ANTARA) - Berbagai berita ekonomi yang disiarkan Kantor Berita ANTARA pada Sabtu (14/8) telah menarik perhatian para pembaca, seperti Presiden Joko Widodo melepas secara serentak ekspor komoditas pertanian dari 17 pintu pelabuhan udara dan laut, hingga kalangan pengusaha berharap pemerintah bisa mempertimbangkan untuk bisa menurunkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).


Presiden Jokowi lepas ekspor komoditas pertanian dari 17 pintu

Presiden Joko Widodo melepas secara serentak ekspor komoditas pertanian dari 17 pintu pelabuhan udara dan laut.

"Hari ini kita akan melakukan ekspor komoditas pertanian secara serentak dari 17 pintu ekspor melalui pelabuhan udara dan laut sebagai momentum penguatan ekspor komoditas pertanian Indonesia dan menandai kebangkitan ekonomi nasional di tengah pandemi," kata Presiden Jokowi melalui sambungan "video conference" di Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu.

Baca di sini

Kemendag tertibkan perdagangan jasa cetak kartu vaksin di lokapasar

Kementerian Perdagangan menertibkan perdagangan jasa cetak kartu vaksin di platform marketplace (lokapasar) untuk mencegah kebocoran data pribadi masyarakat yang telah melakukan vaksinasi, yang sesuai dengan Pasal 58 Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Masyarakat sebagai konsumen harus memperhatikan bahwa data pribadi merupakan milik pribadi yang penggunaannya harus didasarkan kepada persetujuan. Penyerahan tautan pesan singkat yang disampaikan oleh masyarakat yang diterima setelah dilakukan vaksinasi COVID-19 dapat dianggap sebagai persetujuan penggunaan data pribadi, ujar Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono di Jakarta.

Baca di sini

Presiden: Peningkatan ekspor pertanian dorong kesejahteraan petani

Presiden Joko Widodo mengatakan peningkatan ekspor komoditas pertanian sebesar 15,79 persen sepanjang 2020 (year on year/yoy) turut mendorong kesejahteraan petani, yang terlihat nilai tukar petani (NTP) yang terus membaik.

"Pada Juni 2020, nilai tukar petani berada di angka 99,60, secara konsisten meningkat hingga Desember 2020 mencapai 103,25 dan Juni 2021 mencapai 103,59. Menurut saya, ini sebuah kabar yang baik yang bisa memacu semangat petani-petani kita untuk tetap produktif di masa pandemi," kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers Sekretariat Presiden, yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca di sini

Kadin harap pemerintah pertimbangkan turunkan level PPKM

Kalangan pengusaha berharap pemerintah bisa mempertimbangkan untuk bisa menurunkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Kami sangat berharap agar pemerintah dapat mempertimbangkan PPKM turun ke level 3 agar ada kelonggaran yang lebih luas sekalipun tetap menerapkan prokes yang ketat dan keharusan pengunjung yang sudah di vaksin," kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang kepada Antara, Sabtu.

Baca di sini

Mendag sebut ekspor mobil ke Filipina bebas safeguard

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyampaikan kabar gembira dan menyambut baik keputusan Komisi Tarif Filipina (Tariff Commission/TC) yang menghentikan penyelidikan safeguard impor produk otomotif (passenger cars dan light commercial vehicles/LCV) Indonesia.

"Pembebasan produk otomotif Indonesia dari safeguard Filipina adalah kabar yang sangat menggembirakan dan patut disyukuri. Kami berharap, akses ekspor mobil Indonesia ke Filipina dapat kembali terbuka. Sebab, Indonesia memiliki produk otomotif yang kompetitif di pasar internasional. Hal ini tentunya berdampak baik bagi upaya pemulihan ekonomi nasional, kata Mendag lewat keteranganya di Jakarta, Sabtu.

Baca di sini


Baca juga: Kemarin, beras untuk 8,8 juta KPM hingga harapan Presiden untuk Rokan
Baca juga: Kemarin, kerja sama berantas pencurian ikan hingga dampak mal dibuka
Baca juga: Kemarin, Presiden waspadai ekonomi kuartal III hingga IHSG terkoreksi


Pewarta : Indra Arief Pribadi
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar