Semarang (ANTARA) -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi gerak cepat Kementerian Luar Negeri, TNI, dan Badan Intelijen Negara yang bergerak cepat mengevakuasi 26 orang warga negara Indonesia (WNI) dari Afghanistan.

"Dengan situasi dan kondisi yang sulit, Kemlu tetap berusaha untuk memulangkan warga negara Indonesia dari sana, tentu saya mengapresiasi gerak cepat Kemlu yang sudah berhasil melakukan evakuasi," katanya di Semarang, Sabtu.

Menurut Ganjar, cara ini adalah bukti bagaimana pemerintah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah.

Baca juga: Penerbang TNI AU ceritakan tantangan evakuasi WNI di Afghanistan
 
"Mereka yang ada di luar dan mengalami situasi tidak bagus, Kemlu dengan sangat cepat merespon ini," ujarnya.

Ganjar berharap semua WNI yang ada di Afghanistan selamat, termasuk yang sedang dievakuasi.

"Mudah-mudahan seluruh warga negara yang dievakuasi sehat dan selamat, yang belum segera bisa menyusul," katanya.

Ganjar mengaku akan terus memantau perkembangan kondisi di Afghanistan melalui pemberitaan sebab menurutnya situasi saat ini akan membawa pengaruh nanti pada politik luar negeri Indonesia.

Baca juga: Kasau: Keberhasilan prajurit TNI AU evakuasi WNI patut jadi contoh

"Termasuk bagaimana nanti situasi perubahan dunia secara eksternal, khususnya dalam politik luar negerinya. Ini akan punya potensi untuk terpengaruh, maka saya ikuti terus tiap hari," ujarnya.

Disinggung mengenai adakah warga Jawa Tengah yang saat ini berada di Afghanistan atau yang sudah ikut dievakuasi hari ini, Ganjar mengatakan belum mendapat laporan.

"Dari Jateng belum, nanti kita cek terus," katanya.

Baca juga: Menlu diminta lanjutkan lobi internasional demi perdamaian Afghanistan

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021