Polres Tanjung Priok kawal pemberangkatan bus bantuan PON XX

id PON XX Papua, PON Papua, Peparnas,Pemberangkatan bus PON

Polres Tanjung Priok kawal pemberangkatan bus bantuan PON XX

Sejumlah personel Polres Pelabuhan Tanjung Priok melaksanakan kegiatan pengamanan saat pelepasan KM Dharma Kencana VII yang membawa 316 unit bus menuju Pelabuhan Jayapura dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (24/8/2021). ANTARA/Abdu Faisal/aa.

Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Pelabuhan Tanjung Priok mengawal pelepasan Kapal Motor Dharma Kencana VII yang membawa 316 bus dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, menuju Pelabuhan Jayapura pada Selasa.

"Kami melibatkan 33 personel Polri dalam kegiatan pengamanan pelepasan KM Dharma Kencana VII," ujar Kepala Polres Pelabuhan Tanjung Priok Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Putu Kholis Aryana kepada wartawan di Jakarta Utara, Selasa.

Ditemui di lokasi pemberangkatan kapal di Dermaga Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok, Wakil Kepala Polres Pelabuhan Tanjung Priok Komisaris Polisi Yunita Natallia Rungkat mengatakan, acara hari itu berlangsung tertib dan lancar.

Acara dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menhub tiba di lokasi pada pukul 17.52 WIB.

Budi mengecek langsung kondisi bus yang diberangkatkan. Adapun total bus yang diangkut kapal mencapai 316 unit dengan tujuan Jayapura.

Yunita ikut mendampingi pelaksanaan pengamanan oleh personel Polres Pelabuhan Tanjung Priok dalam kegiatan Menhub tersebut.

Baca juga: Meski persaingan merata, KONI DKI Jakarta bertekad juara umum PON
Baca juga: Atlet DKI Jakarta latihan terpadu di PPOP Ragunan jelang PON Papua
Sejumlah personel Polres Pelabuhan Tanjung Priok melaksanakan kegiatan pengamanan pelepasan Kapal Motor Dharma Kencana VII yang membawa 316 unit bus dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara menuju Pelabuhan Jayapura pada Selasa (24/8/2021). (ANTARA/ Abdu Faisal)

Pada kegiatan itu, personel Polres Pelabuhan Tanjung Priok melaksanakan pengamanan jalur mulai dari pintu masuk Pelabuhan Tanjung Priok sebagai Pos 1.

Kemudian sejumlah titik lain juga ditempatkan personel untuk mengamankan kendaraan Menhub menuju lokasi acara.

"Jadi kami lebih ke pengamanannya, Alhamdulillah berjalan dengan lancar, tertib, tidak ada gangguan dan hambatan yang berarti," ujar Yunita.

Baca juga: Atlet DKI jalani TC sistem karantina guna hadapi PON XX
Baca juga: Pertina DKI nilai PON Papua barometer olahraga Indonesia
Sejumlah personel Polres Pelabuhan Tanjung Priok melaksanakan kegiatan pengamanan pelepasan Kapal Motor Dharma Kencana VII yang membawa 316 unit bus dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara menuju Pelabuhan Jayapura pada Selasa (24/8/2021). (ANTARA/ Abdu Faisal)

Sebelumnya, pada Sabtu (21/8) juga diberangkatkan bus menuju Pelabuhan Mimika dan Pelabuhan Merauke sebanyak 112 unit menggunakan KMP Dharma Rucitra I.

Kemenhub telah menyiapkan kendaraan 428 unit bus dalam rangka mendukung suksesnya PON XX Papua.

Sebelum bus bantuan Kemenhub dikirim ke Papua, sebanyak 217 dari 428 bus dipasangi pelacak (Global Positioning System/GPS) oleh Dinas Kominfo Papua pada Juli lalu.

Keberadaan GPS diharapkan mampu memaksimalkan layanan transportasi darat bagi atlet dan kontingen lewat sistem aplikasi saat PON XX dan Peparnas XVI.

Setelah pelaksanaan kegiatan PON XX kedua kapal tersebut akan kembali dari Pelabuhan Jayapura, Pelabuhan Mimika dan Pelabuhan Merauke, yang direncanakan pada 17 Oktober 2021 dan diperkirakan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada 28 Oktober 2021.
Baca juga: KONI DKI: Olimpiade Tokyo jadi penggugah semangat PON Papua


Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar