Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai pemanfaatan layanan jaringan internet generasi kelima, 5G, yang ada saat ini akan membantu percepatan program Smart City, dan Smart Government, dan Smart Society.

"Kami sangat mengapresiasi peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Jakarta karena dengannya dapat dimanfaatkan untuk percepatan Smart City, Smart Government, dan Smart Society," ujar Anies di Jakarta, Kamis.

Anies mengatakan keberadaan layanan 5G akan menumbuhkan kultur digital masyarakat Jakarta. Hal itu, kata dia, akan berdampak terhadap kemajuan berbagai sektor, termasuk ekonomi.

Melalui layanan 5G, kata dia, masyarakat yang bekerja di sektor jasa maupun UMKM akan memperoleh manfaat sehingga dapat berkompetisi di dalam pasar yang terus berkembang.

"Kami berharap dengan peluncuran layanan 5G ini membawa manfaat sebesar-besarnya untuk warga Jakarta, kata Anies.

Lebih lanjut, Anies mengatakan pihaknya siap mendukung dan memfasilitasi pembangunan infrastruktur agar Jakarta layanan 5G di Jakarta dapat berfungsi optimal.

"Kita ingin Jakarta tidak tanggung di dalam memfasilitasi peluncuran 5G hari ini kita harus segera tuntaskan, dan sisi prosedur oleh kami dengan senang hati kita bantu," ucap dia.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo resmi meluncurkan layanan 5G komersial di Jakarta dalam upaya mempercepat transformasi digital, pemulihan ekonomi, serta mendukung visi kota pintar.

"Saya dengan rendah hati dan rasa bangga meluncurkan layanan 5G Indosat Ooredoo di Jakarta, sekaligus sangat senang dengan potensi transformatifnya di berbagai industri," ujar President Director and CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis.

Neama menilai layanan 5G menghadirkan potensi untuk merevolusi industri manufaktur kota, layanan publik, sektor kesehatan, dan memenuhi permintaan konten digital dan layanan hiburan yang terus meningkat melalui jaringan seluler.

Dia berharap, layanan 5G Indosat Ooredoo dapat terus membuka pintu untuk ide dan inovasi baru, serta menjadi jalan bagi Indonesia untuk menjadi kekuatan ekonomi digital di Asia Tenggara.


Baca juga: Indosat Ooredoo luncurkan jaringan 5G di Jakarta

Baca juga: Samsung jadi pemasok modem 5G Google Pixel

Baca juga: Samsung Galaxy M32 5G diluncurkan di India

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021