masih menunggu arahan
Jakarta (ANTARA) - Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, siap menerapkan aplikasi PeduliLindungi kepada penumpang yang akan berpergian sesuai usulan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kepala Terminal Pulo Gebang, Bernard Pasaribu, mengatakan  akan mengikuti aturan yang dibuat oleh Kementerian Perhubungan terkait aplikasi PeduliLindungi.

"Kita mengikuti aturan saja, memang sebaiknya demikian jadi pengecekan by system untuk mempermudah," kata Bernard Pasaribu di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Aturan wajib vaksin dinilai penting untuk lindungi pekerja

Meski demikian, Bernard Pasaribu mengatakan hingga saat ini belum mendapat arahan lebih lanjut terkait penerapan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat perjalanan penumpang.

"Tapi belum ada arahan terkait hal tersebut," ujar Bernard Pasaribu.

Baca juga: Epidemiolog sebut dua aplikasi bisa jadi verifikator untuk PTM di DKI

Sebelumnya, Kemenhub mendukung penuh penerapan aplikasi PeduliLindungi di seluruh moda transportasi sebagai salah satu syarat perjalanan transportasi baik di moda darat, laut, dan udara.

Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan penerapan aplikasi PeduliLindungi di seluruh moda transportasi akan dilaksanakan secara serentak mulai Sabtu (28/8/2021).

Baca juga: Sandiaga minta pemda terapkan prokes gunakan aplikasi Peduli Lindungi

Ia juga telah menginstruksikan para direktur jenderal di lingkungan Kemenhub untuk menyusun aturannya, agar segera bisa dilaksanakan oleh para penyelenggara sarana dan prasarana transportasi.

Lebih lanjut, Menhub meminta seluruh operator atau penyelenggara sarana dan prasarana transportasi baik yang dikelola kemenhub, BUMN, maupun swasta agar mempersiapkan diri, baik secara sistem maupun prosedurnya, agar penerapan aplikasi PeduliLindungi ini dapat berjalan dengan baik.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021