Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Indonesia pada Rabu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA dari laman resmi BMKG di Jakarta, Rabu, cuaca tersebut berpotensi melanda Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Cuaca serupa juga diprakirakan terjadi di Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Sumatera Utara, DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat, sedangkan Nusa Tenggara Barat diprakirakan mengalami angin kencang.

BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi 2,5-4 meter di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu hingga barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan.

Peringatan gelombang tinggi itu juga berlaku untuk area Samudra Hindia barat Sumatra, perairan selatan Banten hingga Pulau Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Samudra Hindia selatan Banten hingga Nusa Tenggara Timur, dan Laut Arafuru bagian timur.

Baca juga: Wagub DKI sebut pemprov sudah mulai antisipasi banjir
Baca juga: BMKG prakirakan sebagian besar wilayah Indonesia cerah berawan Selasa

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021